Nur Muhammad


Oleh : M Quraish Shihab

Ada kalangan Islam yang percaya tentang Nur Muhammad, tetapi ada juga yang menentangnya. Ada tarekat Islam yang memuliakan, namun ada juga yang menghujatnya. Adakah tuntunan Nabi SAW tentang hal ini ? Jika tidak ada, mengapa demikian ?

Masran Azizan

Jawaban :

Soal Nur Muhammad SAW diperselisihkan oleh ulama. Tidak ada keterangan pasti tentang hal tersebut. Seandainya ada, pasti tidak akan ada perbedaan pendapat.

Ada hadis-hadis yang berbicara tentang Nur Muhammad, antara lain melalui Jabir bin Abdillah yang bertanya : Apakah yang pertama kali diciptakan Allah ? “Nabi menjawab bahwa yang pertama kali diciptakan-Nya adalah Nur Muhammad.” Ada juga riwayat yang menyatakan bahwa Nabi bersabda,”Aku telah menjadi Nabi sedang ketika itu Adam masih antara ruh dan jasad.”

Riwayat-riwayat ini dan riwayat-riwayat lain yang senada dinilai lemah oleh banyak ulama yang lain. Karena itu timbul beda pendapat. Semua sepakat bahwa wajah Nabi Muhammad SAW penuh dengan cahaya, tetapi itu bersifat immaterial  yang lahir dari keimanan dan ketaqwaan yang mencapai puncaknya.

Demikian , Wa Allah A’lam

Sumber : Quraish Shihab Menjawab ,  Dialog Jumat, Republika, Jumat, 26 September  2003 / 29 Rajab 1424

ΩΩΩ

About Jalan Kehidupan

Blog ini hanya menyajikan ulang berbagai masalah keagamaan dalam bentuk tanya jawab dengan para ulama yang pernah diterbitkan di berbagai media cetak. Admin tidak menyediakan fasilitas tanya jawab dengan para pengunjung blog ini. Terima kasih.
This entry was posted in Aqidah, Hadis, M.Quraish Shihab and tagged , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s