Berganti-ganti Mazhab


Oleh : M Quraish Shihab

Ada ulama yang membolehkan penggunaan dua mazhab atau lebih dalam satu rangkaian atau paket ibadah. Bagaimana menurut Bapak, apakah bila berganti mazhab harus diniatkan pergantiannya dari satu mazhab ke mazhab yang lain ? Bolehkan setiap hari kita berganti mazhab ?

Terima kasih.

Khunaifi

Jawaban :

Beragama bersumber dari hati yang disertai dengan keyakinan. Seseorang hendaknya mempelajari dalil-dalil agama menyangkut satu persoalan. Jika ia tak mampu maka ia dapat bertanya kepada yang mampu. Karena itu seorang awam, pada hakikatnya tidak memiliki mazhab tertentu. “Mazhabnya” adalah mazhab kyai yang ditanyainya dan yang hatinya tenteram dengan integritas dan pengetahuan kyai itu.

Di sisi lain perlu diketahui bahwa semua ulama yang telah mencapai peringkat pengetahuan agama yang mumpuni, dapat saja menarik ketentuan-ketentuan agama dari Al-Quran dan Sunnah. Jika terjadi perbedaan, maka itu adalah bentuk keragaman hidangan Allah. Apapun yang terhidang oleh-Nya, melalui ulama-ulama itu, boleh saja Anda ambil. Dengan demikian, tidak ada halangan berganti mazhab, atau mengikuti pendapat siapapun selama Anda telah merasa tenang dengan pilihan Anda.

Bukan bermaksud  menggampangkan dan tentunya pilihan tersebut dari hidangan yang tersedia, yakni dari pendapat-pendapat ulama yang memang memiliki otoritas dalam bidangnya.

Demikian , Wa Allah A’lam

Sumber : Quraish Shihab Menjawab ,  Dialog Jumat, Republika, Jumat, 26 September  2003 / 29 Rajab 1424

ΩΩΩ

About Jalan Kehidupan

Blog ini hanya menyajikan ulang berbagai masalah keagamaan dalam bentuk tanya jawab dengan para ulama yang pernah diterbitkan di berbagai media cetak. Admin tidak menyediakan fasilitas tanya jawab dengan para pengunjung blog ini. Terima kasih.
This entry was posted in Fiqih, Ibadah, M.Quraish Shihab and tagged , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s