Bisakah Kita Membantu Palestina?


Oleh : KH Hilman Rosyad Syihab

Beberapa kalangan berdemo untuk membantu Palestina. Bagaimana kita bisa menolong mereka, padahal bangsa kita sedang terpuruk. Bukankah lebih baik kita perbaiki diri sendiri dulu, baru menolong orang lain?

Jawaban :

Pertama, menolong kaum Muslimin Palestina atas penjajahan Israel, bagi seorang Muslim adalah sebuah kewajiban. Kewajiban yang membuktikan kebenaran atas iman kita. Firman Allah SWT, “Sesungguhnya orang-orang mukmin itu bersaudara”. (QS. Al-Hujuraat: 10). Maka, kewajiban seluruh kaum Muslimin untuk saling menolong sesama saudaranya, dimanapun mereka berada. Allah SWT berfirman, “Jika mereka meminta pertolongan kepadamu dalam ( urusan pembelaan ) agama, maka kamu wajib memberikan pertolongan”. ( QS. Al-Anfaal: 72 )

Kedua, menolong saudara Muslim yang lain akan mendatangkan pertolongan Allah SWT. Bila bangsa kita terpuruk, dengan menolong bangsa yang membutuhkan pertolongan, insya Allah, Allah SWT akan membantu kita dengan cara dan jalan yang mungkin tidak kita sangka. Rasulullah SAW bersabda, “Dan Allah akan menolong hamba selama hamba itu menolong saudaranya”. ( HR Muslim , kitab Adz-Dzkir wad Du’a wat Taubah,  no 2699 ). Maka menolong bangsa Palestina, hakikatnya kita sedang mengharapkan pertolongan Allah SWT, membantu diri sendiri.

Ketiga, memperbaiki diri tidak bisa dilakukan secara sendirian, ataupun mengucilkan diri dari pergaulan maupun dengan membatasi pikiran. Memperbaiki dan menjaga diri, adalah dengan melaksanakan seluruh kewajiban agama, bukan dengan memilah dan memilih-memilih kewajiban. Agar hati dan diri ini baik, ikutilah perintah Allah seutuhnya. Jika Allah memerintahkan menolong orang lain, laksanakanlah, balasan dan kebaikannya tidak lain adalah untuk diri sendiri.

Jadi, tidak ada alasan untuk tidak membantu bangsa Palestina. Minimalnya membantu mereka dengan doa, aktif menyuarakan masalah Palestina secara benar, menyisihkan dana untuk mereka, dan termasuk tidak mengkonsumsi produk-produk yang dananya bisa disalurkan kepada penjajah Zionis-Israel. Ringkasnya, bantulah bangsa Palestina sesuai kemampuan yang kita miliki

Sumber : Fiqih Sunnah, Galamedia, Jumat, 21 Juli 2006  / 25 Jumadil Akhir  1427

  • KH Hilman Rosyad Syihab, Lc  — Direktur Hayatur Rasul Foundation

ΩΩΩ

About Jalan Kehidupan

Blog ini hanya menyajikan ulang berbagai masalah keagamaan dalam bentuk tanya jawab dengan para ulama yang pernah diterbitkan di berbagai media cetak. Admin tidak menyediakan fasilitas tanya jawab dengan para pengunjung blog ini. Terima kasih.
This entry was posted in Dunia Islam, Fiqih, Hilman Rosyad Syihab and tagged , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s