Mushaf Rusak Dibakar ?


Oleh : KH. M. Luqman Hakim

Saya akan wakaf mushaf al-Quran ke mushala, karena mushaf al-Quran yang dulu kertasnya sudah banyak yang rusak/ada yang hilang. Yang ingin saya saya tanyakan, bolehkah mushaf al-Quran yang sudah rusak itu dibakar, atau bagaimana sebaiknya Kyai ?

Isqiy Nur’elita

Jawaban :

Membakar mushaf yang rusak dibenarkan bila niatnya menyelamatkan mushaf itu agar tidak menjadi bacaan yang salah, karena ayat-ayatnya terputus dan hilang, dan kelak bisa menimbulkan fitnah jika dibaca dengan tidak benar.

Tapi Anda teliti dulu, barangkali masih ada satu surat yang utuh, disimpan saja dan diklasifikasi serta dibenahi. Kalau tidak bisa diselamatkan lebih baik dibakar, sebagaimana Sayyidina Utsman membakar naskah-naskah lain, setelah terkumpul satu mushaf yang disepakati oleh ahli Al-Quran di era sahabat. Khawatir menimbulkan fitnah maka naskah tercecer lainnya dibakar beliau ■

Sumber : Konsultasi, Majalah Cahaya Sufi , Edisi 76, 2012

ΩΩΩ

About Jalan Kehidupan

Blog ini hanya menyajikan ulang berbagai masalah keagamaan dalam bentuk tanya jawab dengan para ulama yang pernah diterbitkan di berbagai media cetak. Admin tidak menyediakan fasilitas tanya jawab dengan para pengunjung blog ini. Terima kasih.
This entry was posted in Al-Quran, M. Luqman Hakim and tagged , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s