Hadis Jihad Akbar


Oleh : Ustadz Bachtiar Nasir

Saya sering mendengar khatib dan penceramah menyebutkan hadis yang menyatakan Nabi menegaskan kepada para sahabat ketika kembali dari suatu peperangan, bahwa mereka baru saja kembali dari jihad kecil menuju jihad lebih besar, yaitu melawan hawa nafsu. Apakah hadis ini sahih, Ustadz ?

Maisarah – Jambi

Jawaban :

Jihad yang bermakna  ‘qital’  ( perang / bertempur ) adalah kata yang sangat ditakuti oleh kafir, pengecut, dan munafik. Apalagi, di tengah tekanan isu terorisme saat ini. Banyak upaya distorsi makna Jihad yang seakan-akan bijak dan santun. Lafaz yang sering kita dengar, “Kita kembali dari jihad kecil menuju jihad besar.”

Para sahabat bertanya, “Apakah jihad besar itu?” Nabi menjawab, “Jihad hati.” Hadis ini disebutkan oleh  al-Mula Ali al-Qari dalam kitabnya Al-Asrar al-marfu’ah fi al-akhbar al-maudhu’ah ( rahasia-rahasia yang terangkat dalam hadis-hadis palsu ), juga dalam kitab Tadzkirat al-maudhu’at ( peringatan akan hadis-hadis palsu ) karangan Muhammad bin Thahir al-Fitani.

Dalam riwayat lain disebutkan, dari Jabir, ia berkata bahwa telah datang kepada Rasulullah orang-orang yang baru berperang, Rasulullah  berkata, “Kalian datang dengan sebaik-baik kedatangan, kalian datang dari jihad kecil menuju jihad besar.” Mereka bertanya, “Apakah jihad besar itu?”  Beliau menjawab, “Jihadnya seorang hamba melawan hawa nafsunya.”

Hadis ini diriwayatkan Imam Baihaqi dalam kitabnya al-Zuhd dan menjelaskan sanadnya dhaif. Ibnu Taimiyyah mengatakan hadis ini tak ada dasarnya. Tak ada seorang ahli perkataan dan perbuatan Nabi pun yang meriwayatkannya, dan jihad melawan orang kafir adalah di antara amalan paling mulia.

Al-Hafidz Ibnu Hajar dalam kitab Tasdid al-qaus fi takhrij musnad al-firdaus mengatakan, hadis ini terkenal dan banyak beredar, yang sebenarnya adalah perkataan Ibrahim bin Abi Ablah. Al-Bani menjelaskan bahwa ini hadis munkar. Imam Suyuthi mengatakan tidak menemukan bahwa ini hadis marfu’. Dari segi sanad, hadis ini tidak sahih dan tidak pula hasan.

Selain itu, hadis bersangkutan tak diriwayatkan dalam kitab-kitab hadis yang menjadi sandaran umat Islam, di mana hadis ini tidak ada dalam Sahih Bukhari dan Muslim, tidak dalam kitab hadis yang enam, tidak dalam Muwattha` Imam Malik, dan bahkan tidak ada dalam Musnad Imam Ahmad meskipun mencakup banyak sekali hadis.

Dari aspek maknanya, kalau yang dimaksudkan adalah merendahkan urusan jihad di jalan Allah dan menganggap enteng kedudukannya dalam Islam, seperti dilakukan oleh mereka yang menyebarkannya, makna ini tidak bisa diterima dan harus ditolak karena Al-Quran dan Sunah Nabi penuh dalil-dalil yang menegaskan keutamaan dan tingginya kedudukan jihad dalam Islam yang tidak menyisakan ruang untuk keraguan.

Adapun, jika yang dimaksud adalah perhatian terhadap jihad melawan hawa nafsu, melatih diri, dan berjuang melawan segala godaan dan kemauan hawa nafsu, makna ini dapat diterima karena memang kita diperintahkan untuk menundukkan hawa nafsu sehingga tunduk kepada perintah dan kehendak Allah SWT. Wallahu a’lam bish shawab

Sumber : Konsultasi Agama, Republika, Rabu, 28 Desember 2011 / 3 Safar 1433 H

ΩΩΩ

Entri Terkait :

About Jalan Kehidupan

Blog ini hanya menyajikan ulang berbagai masalah keagamaan dalam bentuk tanya jawab dengan para ulama yang pernah diterbitkan di berbagai media cetak. Admin tidak menyediakan fasilitas tanya jawab dengan para pengunjung blog ini. Terima kasih.
This entry was posted in Bachtiar Nasir, Hadis, Jihad and tagged , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

One Response to Hadis Jihad Akbar

  1. Menurutnya, dalam ketentuan syari ah, jihad berarti berperang melawan kaum kafir yang memerangi Islam dan kaum muslimin.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s