Thaha dan Yasin Nama Nabi ?


Oleh : Ustadz Bachtiar Nasir

Saya ingin mengetahui apakah Thaha dan Yasin itu termasuk nama dari nama-nama Nabi Muhammad SAW ? Banyak beredar informasi kalau itu adalah nama dari Nabi Muhammad.

Hamba Allah

Jawaban :

Thaha dan Yasin bukanlah nama dari nama-nama Nabi Muhammad SAW, tetapi huruf-huruf terputus yang biasanya merupakan pembuka surah-surah dalam Al-Quran. Itu juga disebut sebagai salah satu jenis ijaz atau mukjizat Al-Quran secara bahasa. Jadi, meski huruf-huruf tersebut adalah abjad Arab dan digunakan untuk berkomunikasi, orang tak akan dapat membuat hal serupa dengan Al-Quran.

Hal ini menegaskan bahwa Al-Quran itu diturunkan oleh Allah SWT. Imam Ibnu al-Qayim dalam kitabnya, Tuhfatul Maudud, menjelaskan, apa yang disebutkan oleh orang awam bahwa Thaha dan Yasin termasuk dalam nama-nama Nabi Muhammad, tidaklah benar. Tak ada keterangannya dalam hadis sahih, hasan, dan hadis mursal atau atsar sahabat.

Thaha dan Yasin sama dengan huruf-huruf, seperti alif lam mim, ha mim, alif lam mim ra, alif lam ra, dan lain-lainnya. Syekh Muhammad al-Amin al-Syinqithi dalam kitabnya Adhwa` al-Bayan ketika menafsirkan surah Thaha menjelaskan, pendapat yang kuat adalah Thaha termasuk huruf-huruf terputus yang ada di awal surah-surah dalam Al-Quran.

Pandangan tersebut dikuatkan fakta bahwa tha dan  ha  yang disebutkan dalam pembukaan surat ini juga disebutkan di tempat-tempat lain dalam Al-Quran. Tidak ada perbedaan pendapat dan ditegaskan bahwa semuanya itu adalah huruf-huruf yang terputus.

Syekh Sa’di dalam tafsirnya juga menjelaskan, Thaha termasuk ke dalam huruf-huruf terputus yang biasanya terdapat dalam awal-awal surah di Al-Quran dan bukan termasuk nama-nama Nabi Muhammad. Wallahu a’lam bish-shawab

Sumber : Konsultasi Agama, Republika, Rabu, 21 Desember  2011 / 25 Muharam 1433

 ΩΩΩ

About Jalan Kehidupan

Blog ini hanya menyajikan ulang berbagai masalah keagamaan dalam bentuk tanya jawab dengan para ulama yang pernah diterbitkan di berbagai media cetak. Admin tidak menyediakan fasilitas tanya jawab dengan para pengunjung blog ini. Terima kasih.
This entry was posted in Al-Quran, Bachtiar Nasir and tagged , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s