Kenapa Al-Isra Dinamakan Bani Israel ?


Oleh : Ustadz Bachtiar Nasir

Ustadz, apakah benar surah al-Isra juga dinamakan surah Bani Israil, dan mengapa demikian?

Hamba Allah

Jawaban :

Memang benar, surah al-Isra dalam Al-Quran juga dinamakan surah Bani Israil. Penamaan itu sudah berlangsung sejak masa Nabi Muhammad SAW. Hal itu bisa dilihat dari hadis-hadis yang diriwayatkan para sahabat Rasulullah, di antaranya dari Aisyah. Ia berkata, “Rasulullah tidak tidur sampai beliau membaca al-Zumar dan Bani Israil.” ( HR Ahmad, Tirmizi, al-Nasai, Ibnu Khuzaimah, dan al-Hakim ).

Al-Hafidz bin Hajar menganggap hadis ini hasan dalam kitabnya Nataij al-afkar. Diriwayatkan dari Ibnu Abbas, dia berkata, “Surah Bani Israil diturunkan di Makkah.”  ( HR Al-Baihaqi ). Lalu, diriwayatkan dari Abdullah bin Mas’ud, dia berkata, “Surah Bani Israil, al-Kahfi, Maryam, Thaha, dan Anbiya termasuk surah-surah al-‘itaq yang pertama dan juga termasuk surah-surah tiladi.” ( HR Bukhari ).

Al-Hafidz Ibnu Hajar dalam Fathul Bari menjelaskan bahwa al-‘itaq adalah bentuk jamak dari  ‘atiq yang berarti lama atau ia adalah segala sesuatu yang mencapai puncak keindahannya. Sedangkan, tiladi maksudnya adalah sesuatu yang telah lama dihafal. Al-tilad artinya sesuatu yang sudah lama dimiliki.

Adapun maksud Ibnu Mas’ud, surah-surah tersebut termasuk yang pertama kali dipelajari dan mempunyai kelebihan karena berisi kisah-kisah dan cerita para nabi dan umat terdahulu. Bahkan para ulama berpendapat, Bani Israil lebih masyhur untuk nama surah tersebut pada zaman sahabat dan tabiin karena surah itu hanya menyebutkan pada awal tentang Isra ke Masjidil Aqsha.

Pada ayat keduanya langsung membicarakan tentang tahap penting dari tahap-tahap sejarah Bani Israil serta menceritakan tentang kerusakan yang mereka lakukan yang tidak disebutkan dalam surah-surah lainnya dalam Al-Quran.

Syekh Thahir bin Asyur dalam tafsirnya al-Tahrir wa al-Tanwir menjelaskan, dalam kebanyakan mushaf surah ini dinamakan dengan surah al-Isra, dan al-Alusi menamakannya demikian karena pada awal surah disebutkan tentang Isra dan pada masa sahabat disebut dengan surah Bani Israil karena di dalamnya dibahas tentang Bani Israil yang tidak disebutkan di surah lainnya.

Yaitu mengenai penaklukan bangsa kuat Assyra terhadap Bani Israil, selanjutnya penaklukan bangsa Romawi terhadap mereka. Surah ini juga disebut dengan surah Subhana karena surah ini diawali dengan kalimat tersebut. Wallahu a’lam bish shawab

Sumber : Konsultasi Agama, Republika, Selasa , 6 Desember 2011/10 Muharam 1433

ΩΩΩ

About Jalan Kehidupan

Blog ini hanya menyajikan ulang berbagai masalah keagamaan dalam bentuk tanya jawab dengan para ulama yang pernah diterbitkan di berbagai media cetak. Admin tidak menyediakan fasilitas tanya jawab dengan para pengunjung blog ini. Terima kasih.
This entry was posted in Al-Quran, Bachtiar Nasir and tagged , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s