Huru-Hara Ramadhan 2012


Oleh : Ustadz Bachtiar Nasir

Banyak beredar SMS seperti ini: 1 Ramadhan pada tahun depan jatuh pada 20 Juli 2012, yaitu hari Jumat. Jadi, 3 Agustus 2012 bersamaan dengan 15 Ramadhan, juga pada hari Jumat. Sama dengan satu hadis Nabi Muhammad SAW tentang huru-hara besar yang akan terjadi pada tengah malam pertengahan bulan Ramadhan yaitu pada Jumat, 15 Ramadhan di Bumi ini, apakah hal itu benar?

Jawaban :

Memang, ada beberapa riwayat yang mengisyaratkan hal itu, di antaranya diriwayatkan oleh Nu’aim bin Hammad dalam kitabnya al-Fitan dari Abdullah bin Mas’ud: “Diriwayatkan dari Rasulullah SAW, berkata: ‘Apabila terdengar suara ( Sayha ) pada bulan Ramadhan, maka akan terjadi huru-hara dalam bulan Syawal dan kabilah-kabilah akan membentuk kumpulan dalam bulan Dzulqaidah, lalu terjadi pertumpahan darah pada bulan Dzulhijah dan Muharam.”

Selanjutnya Beliau bersabda: “Jika bertepatan pada bulan Ramadan malam Jumat, di mana satu bunyi yang kuat ( Hadda ) akan berlaku, yang akan menyadarkan orang yang sedang tidur, mendudukkan orang yang sedang berdiri, dan wanita muda akan dibawa keluar dari rumah mereka, pada malam Jumat di mana sepanjang tahun tersebut banyak gempa bumi dan musim dingin. Karena itu, apabila Ramadhan bermula pada malam Jumat di tahun itu dan Anda telah selesai Shalat Subuh pada Jumat pertengahan Ramadan, maka masuklah ke dalam rumah, tutup pintu Anda, tutup jendela Anda, selimut diri kamu sendiri, dan sumbat telinga kamu. Apabila Anda mendengar suara, sujudlah kepada Allah dan ucapkanlah: ” Subhanal Quddus, subhanal Quddus, rabbunal Quddus”. “Barang siapa yang berbuat demikian akan selamat dan yang tidak melakukan akan musnah’.”

Para ulama hadis menyebutkan bahwa hadis tersebut dhaif  bahkan maudhu dan tidak dapat dijadikan hujah atau sandaran. Imam al-Nasa`i juga melemahkan Nu’aim bin Hammad ini. Wallahu a’lam bish shawab ■

Sumber : Konsultasi Agama, Republika, Senin , 5 Desember 2011/9 Muharam 1433

ΩΩΩ

About Jalan Kehidupan

Blog ini hanya menyajikan ulang berbagai masalah keagamaan dalam bentuk tanya jawab dengan para ulama yang pernah diterbitkan di berbagai media cetak. Admin tidak menyediakan fasilitas tanya jawab dengan para pengunjung blog ini. Terima kasih.
This entry was posted in Bachtiar Nasir, Hadis and tagged , , , , , . Bookmark the permalink.

3 Responses to Huru-Hara Ramadhan 2012

  1. Aldian Adlin Nasution says:

    Assalamu’alaikum Warohmatulla ya ustadz.
    saya ingin bertanya.
    Apakah suara syasa dan Suara Hadda itu?
    Syukron Ustadz.

    ———————————————–

    Wa’alaikumussalam,

    Sayha, mungkin suara yang terdengar tidak begitu keras. Sedangkan hadda seperti disebutkan diatas merupakan bunyi yang kuat.

    Barangkali, ada pembaca yang bisa menjelaskannya.

    Terima kasih.

  2. hai says:

    assalamualaikum ustad… jikalu hadist ini benar adanya, bukankah amas sangat meruginya orng yg tidak mempercayai hadist ini, serta apa hukuman bagi ulama2 hadist yg telah melemahkan hadist tsb, (secara tidak langsung telah menyesatkan umat…?) yg saya tahu dimana2 suatu pendapat yg dianggap nyeleneh pada awalnya dihujat, namun dikemudian di elu elukan..(setelah ditau itu adalah suatu kebenaran) mohon ustad memberi penjelasan tentang hal tsb diatas dengan arif dan bijak, .. wassalam…

    —————————————————-

    Wa’alaikumussalam,

    Para ulama hadis untuk dapat menyatakan sebuah hadis itu dhaif, maudhu, atau shahih, tentu melalui kajian yang mendalam. Ia bukan hanya bertanggung jawab kepada Allah SWT dan Rasul-Nya saja, juga bertanggung jawab terhadap seluruh umat sampai akhir zaman.

    Ia mungkin benar, mungkin juga salah. Kita hendaknya berupaya untuk mencari pendapat yang lebih kuat dengan merujuk ke berbagai referensi lainnya.

    Terima kasih.

    Wassalam.

  3. Apa yang terjadi terjadilah, karena semua kejadian sudah dikehendaki oleh Allah SWT.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s