Berbuat untuk Palestina


Oleh : Ustadz Bachtiar Nasir

Ustadz, bila kita melihat penderitaan saudara kita di Palestina, ingin sekali saya membantu perjuangan mereka. Tetapi, sebagai orang awam kadang kita tidak tahu harus berbuat apa? Jadi Ustadz, apa yang harus kita lakukan demi membantu saudara-saudara kita di Palestina?

Hamba Allah

Jawaban :

Ada banyak agenda yang dapat kita lakukan untuk mendukung Palestina, seperti memperjuangkan hak kemanusiaan dan politik rakyat Palestina, di samping masalah keagamaan di tanah suci tiga agama samawi itu. Dukungan dapat dilakukan oleh semua jenis profesi dan tingkatan usia masyarakat sesuai kemampuan masing-masing.

Sebagai sesama umat Muslim, kita memang wajib membantu saudara kita di Palestina. Karena kita telah dipersaudarakan oleh akidah Islam. Karenanya, banyak yang bisa kita lakukan untuk membantu perjuangan kemerdekaan rakyat Palestina, antara lain berdoa kepada Allah SWT agar mereka memperoleh kemenangan dalam mencapai kemerdekaan.

Selain itu, berusaha memahami permasalahan Palestina dengan baik dari segala aspek sehingga kita mampu memberi pemahaman kepada orang lain, mengapa kita harus membantu bangsa Palestina. Jika kita berkecukupan, bisa membantu perjuangan bangsa Palestina dengan menginfakkan sebagian dari harta kita.

Kita dapat menyalurkannya melalui organisasi-organisasi yang telah terbukti dan terpercaya dalam menyalurkan dana untuk Palestina. Kita juga harus berani memboikot barang-barang hasil produksi Zionis Israel atau produk perusahaan yang membantu negara Israel, seperti yang dianjurkan Syekh Yusuf  al-Qaradawi, ketua umum Persatuan Ulama Islam Sedunia.

Menjadi relawan yang mengantarkan bantuan ke Palestina juga bisa dilakukan. Atau, relawan medis yang memberikan bantuan pengobatan kepada rakyat dan pejuang Palestina yang setiap harinya mendapat serangan militer Israel. Selanjutnya, kita dapat menginformasikan permasalahan Palestina kepada masyarakat untuk membangun kesadaran mereka mengenai perjuangan saudara di Palestina. Wallahu a’lam bish shawab ■

Sumber : Konsultasi Agama, Republika, Selasa, 29 November 2011/3 Muharam 1433

ΩΩΩ

About Jalan Kehidupan

Blog ini hanya menyajikan ulang berbagai masalah keagamaan dalam bentuk tanya jawab dengan para ulama yang pernah diterbitkan di berbagai media cetak. Admin tidak menyediakan fasilitas tanya jawab dengan para pengunjung blog ini. Terima kasih.
This entry was posted in Bachtiar Nasir, Dunia Islam and tagged , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s