Merayakan Tahun Baru Islam


Oleh : Ustadz Bachtiar Nasir

Saya tahu, merayakan tahun baru itu tidak ada syariatnya dalam Islam. Namun, jika saya dan teman-teman memanfaatkan momentum 1 Muharam untuk evaluasi diri dan organisasi sekaligus titik awal memulai program satu tahun ke dapan, apakah itu bidah?

Raido Glen – Semarang

Jawaban :

Perayaan tahun baru hijriah adalah perkara ijtihadiah seperti ijtihad Umar bin Khattab menjadikan peristiwa hijrah sebagai awal penanggalan hijriah. Jadi, wajar jika ada silang pendapat. Beberapa mufti besar Arab Saudi, misalnya Syekh Abdullah bin Utsaimin, Alu Syekh, dan lainnya menegaskan, peringatan tahun baru hijriah bidah.

Alasannya, sahabat Nabi Muhammad SAW tidak pernah melakukannya kecuali pada masa Umar bin Khattab dengan menjadikannya awal penanggalan. Mereka menilai, perilaku itu menyerupai peringatan yang dilakukan orang Nasrani. Ulama di belahan dunia lainnya, termasuk Indonesia, membolehkannya selama tak ada ritual khusus menyerupai kaum jahiliah.

Kesimpulan saya dalam konteks Indonesia, jika tak ada hal penting dan manfaat besar, apalagi menjurus pada budaya jahiliah, lebih baik ditinggalkan. Namun, lain halnya seandainya momentum tahun baru sarat manfaat bagi dakwah Islam. Wallahu a’lam bish shawab ■

Sumber : Konsultasi Agama, Republika, Sabtu, 26 November 2011/30 Dzulhijjah 1432

ΩΩΩ

About Jalan Kehidupan

Blog ini hanya menyajikan ulang berbagai masalah keagamaan dalam bentuk tanya jawab dengan para ulama yang pernah diterbitkan di berbagai media cetak. Admin tidak menyediakan fasilitas tanya jawab dengan para pengunjung blog ini. Terima kasih.
This entry was posted in Bachtiar Nasir, Sejarah, Upacara Keagamaan and tagged , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s