Gaya Hidup Seorang Haji


Oleh : Ustadz Bachtiar Nasir

Ustadz, alhamdulillah saya telah melaksanakan ibadah haji. Saya berharap dan berdoa semoga dapat menjaga kemabruran ibadah haji saya, pada kesempatan ini yang ingin saya tanyakan, bagaimana seharusnya gaya hidup saya setelah berhaji?

Hamba Allah

Jawaban :

Sejatinya orang yang memperoleh haji mabrur akan bergaya hidup seperti calon penghuni surga, menjaga kemurnian tauhid, setia pada sunah-sunah Rasulullah,  serta meningkatkan kualitas iman dan ilmu. Selain itu, menjaga diri dari dosa besar maupun kecil dan senantiasa  menjalankan amal yang bakal mendatangkan ampunan Allah SWT.

Hal ini diungkapkan dalam hadis dari Abu Hurairah. Rasulullah bersabda, “Dari umrah yang satu ke umrah berikutnya akan menghapuskan dosa di antara keduanya dan haji mabrur tidak ada balasannya melainkan surga.” ( HR Bukhari dan Muslim ).  Allah juga berfirman, “Hai orang-orang yang beriman, peliharalah dirimu dan keluargamu dari api neraka.” ( QS al-Tahrim [66] : 6 ).

Akhlak para haji adalah akhlaknya orang mulia karena selama berhaji mereka telah melatih diri mengendalikan syahwat dan emosi pada tingkatan yang tinggi. Sepantasnya, akhlak seorang haji lebih mulia dibandingkan yang lainnya. Mereka tidak mengumbar kata-kata kotor pembangkit birahi dan  tidak melakukan dosa-dosa besar ( kefasikan ).

Seperti digambarkan pada hadis dari  Abu Hurairah yang menyatakan,  Rasulullah bersabda,  “Barang siapa yang berhaji ke rumah ini  (Ka’bah ) lalu tidak berkata-kata kotor dan tidak berbuat kefasikan, dia pulang ke negerinya sebagaimana ketika dilahirkan oleh ibunya.” ( HR Bukhari dan Muslim ).

Ibadah dan zikir para haji bukan hanya lebih banyak dari orang lain. Melainkan pula disertai tingkat keyakinan tinggi sebab pengenalan mereka terhadap Allah sudah baik dan didukung nilai tauhid yang kuat. Mereka memprioritaskan keselamatan dan kebahagiaan akhirat dibandingkan hal-hal yang bersifat duniawi.

“Apabila kamu telah menyelesaikan ibadah hajimu, berzikirlah dengan menyebut Allah, sebagaimana kamu menyebut-nyebut ( membangga-banggakan ) nenek moyangmu, atau (bahkan) berzikirlah lebih banyak dari itu. Di antara manusia ada orang yang bendoa, ‘Ya Tuhan kami, berilah kami ( kebaikan ) di dunia,’ dan tiadalah baginya bahagian ( yang menyenangkan ) di akhirat.” ( QS al-Baqarah [2] : 200 ).

Orang yang telah berhaji adalah mereka yang berupaya menyempurnakan keislamannya. Jadi, sudah selayaknya mereka menjadi teladan kesalehan individual dan sosial bagi semua. Hal ini ditunjukkan para haji sebelum periode kemerdekaan, mereka menjadi teladan dan motor penggerak dalam memerdekakan umat dan bangsa dari kejumudan syirik dan melawan penjajah. Wallahu a’lam bish shawab ■

Sumber : Konsultasi Agama, Republika, Sabtu, 12 November 2011 /16 Dzulhijjah 1432

ΩΩΩ

About Jalan Kehidupan

Blog ini hanya menyajikan ulang berbagai masalah keagamaan dalam bentuk tanya jawab dengan para ulama yang pernah diterbitkan di berbagai media cetak. Admin tidak menyediakan fasilitas tanya jawab dengan para pengunjung blog ini. Terima kasih.
This entry was posted in Bachtiar Nasir, Haji and tagged , , , , , , . Bookmark the permalink.

One Response to Gaya Hidup Seorang Haji

  1. karnadi kasan sardji says:

    Menjadi haji /hajjah adalah idaman setiap orang muslim/islam baik laki2 maupun perempuan. Ini adalah kewajiban bagi orang2 yang telah mampu baik secara fisik maupun dari segi ekonominya.
    Mudah2-an setelah menyandang gelar haji/hajjah kelakuannya berubah…..yaitu menjadi orang2 yang dapat dijadikan cerminan…bagi lingkungannya….
    Saya masih melihat…ada orang yang sudah pergi haji…kelakuannya masih belum berubah…dulu tukang gebuk sekarang tukang gebrak…SEMOGA SAJA ALLAH MEMBERIKAN HIDAYAH KEPADA ORANG-ORANG SEPERTI INI…Aamiin…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s