Puasa Arafah 2011 pada Hari Sabtu


Oleh : Ustadz Bachtiar Nasir

Ustadz, pada 2011 ini, hari Arafah kemungkinannya jatuh pada Sabtu, apakah hukumnya puasa Arafah pada hari itu? Saya pernah mendengar ada hadis yang mengatakan, Nabi Muhammad SAW melarang berpuasa pada hari sabtu, kecuali puasa yang wajib saja.

Hamba Allah.

Jawaban :

“Janganlah kalian berpuasa pada hari Sabtu, kecuali yang difardhukan oleh Allah SWT atas kalian. Jika salah seorang dari kalian tidak mendapati sesuatu pun ( untuk dimakan pada hari Sabtu ) kecuali kulit pohon anggur atau batang kayu pohon, hendaklah ia mengunyahnya!” ( HR Ahmad dan para pemilik kitab al-Sunan, kecuali al-Nasa’i ).

Hadis ini menjadi objek perbedaan pendapat ahli hadis. Di antara mereka ada yang menganggapnya dhaif atau lemah. Ada pula yang menilai mansukh ( dihapuskan ), serta ada yang menganggapnya kebohongan atas nama Rasulullah. Di sisi lain, ada yang mengatakannya hasan atau sahih dan ada yang menakwilkan dan menggabungkannya dengan hadis lain yang membolehkan puasa sunah pada Sabtu.

Jumhur ulama berpendapat makruh hukumnya mengkhususkan hari Sabtu dengan puasa, tapi jika berpuasa sehari sebelumnya atau sesudahnya, menjadi tidak makruh. Ini adalah pendapat Mazhab Hanafi, Maliki, Syafi’i, dan salah satu riwayat dari Imam Ahmad. Imam Tirmizi menjelaskan, makna makruh di sini adalah jika seseorang mengkhususkan hari Sabtu itu untuk berpuasa. Karena orang Yahudi mengagungkan hari Sabtu.

Kesimpulannya, boleh mengkhususkan puasa pada hari Sabtu jika ada sebab syar’inya, seperti hari Arafah, Asyura, puasa ayyamul bidh ( tiga hari pertengahan bulan ), tidak makruh hukumnya berpuasa pada hari Sabtu jika berpuasa sehari sebelumnya atau sesudahnya, dan makruh hukumnya jika ingin mengagungkan hari Sabtu.

Namun, alangkah baiknya jika kita juga berpuasa pada hari-hari sebelum Arafah dalam rangka keluar dari perbedaan tersebut dan juga untuk mengisi 10 hari pertama bulan Dzulhijjah dengan berpuasa. Wallahu a’lam bish shawab ■

Sumber : Konsultasi Agama, Republika, Kamis, 3 November 2011 / 7 Dzulhijjah 1432

ΩΩΩ

About Jalan Kehidupan

Blog ini hanya menyajikan ulang berbagai masalah keagamaan dalam bentuk tanya jawab dengan para ulama yang pernah diterbitkan di berbagai media cetak. Admin tidak menyediakan fasilitas tanya jawab dengan para pengunjung blog ini. Terima kasih.
This entry was posted in Bachtiar Nasir, Haji, Puasa and tagged , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s