Kurban atau Bayar Kreditan?


Oleh : Ustadz Bachtiar Nasir

Ustadz, saya ingin berkurban, uangnya ada tapi untuk sehari-hari saya jadi tidak ada dan saya punya tanggungan cicilan motor. Jika demikian keadaannya, boleh tidak saya berkurban, Ustadz?

Hamba Allah

Jawaban :

Islam adalah agama yang memberikan kemudahan dalam semua aspeknya. Ciri khas syariat Islam adalah tidak membebani seorang mukallaf di atas ambang kemampuannya dan tidak pula bersifat memaksa, semua sudah ditentukan Allah dengan kadar yang seimbang. “Allah menghendaki kemudahan bagimu dan tidak menghendaki kesukaran bagimu.” ( QS al-Baqarah [2] : 185 ).

Bahkan, Islam adalah dien kasih sayang yang tidak menghendaki kesukaran bagi semua pemeluknya. “Dan Dia sekali-kali tidak menjadikan untuk kamu dalam agama suatu kesempitan.” ( QS al-Hajj [22] :  78 ). Hukumsunah muakkadah ibadah kurban menurut jumhur ulama hanya bagi orang yang hidupnya berkecukupan atau memiliki kelapangan  rezeki.

Menurut Imam Malik, batas mereka yang dapat dikategorikan berkecukupan atau mampu adalah mereka yang tidak membutuhkan harta senilai harga kurban tersebut pada tahun itu, untuk kebutuhan primer mereka. Sedangkan bagi mereka yang tidak mempunyai harta melebihi kebutuhan primernya pada tahun itu maka tidak disunahkan bagi mereka berkurban.

Oleh karena itu, mereka yang untuk kehidupan sehari-harinya saja tidak mencukupi, hilanglah sifat sunahnya ibadah kurban atas mereka. Dan, masih banyak jalan lain bagi mereka untuk beribadah kepada Allah SWT. Baik melalui sedekah, infak, atau ibadah-ibadah sosial lainnya yang tidak memerlukan harta namun memiliki dampak sosial besar bagi lingkungan di manapun ia berada.

Dalam kasus Anda, untuk saat ini membayar utang kredit motor jauh lebih baik ketimbang berkurban, bekerja keraslah sambil menabung sejak sekarang agar dapat  berkurban tahun depan. Wallahu a’lam  bish-shawab. ■

Sumber : Konsultasi Agama, Republika, Sabtu, 22 Oktober  2011 / 24 Dzulqaidah 1432 H

ΩΩΩ

About Jalan Kehidupan

Blog ini hanya menyajikan ulang berbagai masalah keagamaan dalam bentuk tanya jawab dengan para ulama yang pernah diterbitkan di berbagai media cetak. Admin tidak menyediakan fasilitas tanya jawab dengan para pengunjung blog ini. Terima kasih.
This entry was posted in Bachtiar Nasir, Kurban and tagged , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s