Mampu Bayar ONH Tetapi Fisik tak Kuat


Oleh : Ustadz Bachtiar Nasir

Ustadz, jika seseorang, baik laki-laki maupun perempuan tidak kuat lagi melaksanakan rangkaian ritual ibadah haji, tapi secara finansial termasuk orang yang mampu untuk membiayai perjalanan haji, bagaimanakah hukumnya? Apakah dia harus mewakilkan kepada orang lain untuk melaksanakan haji untuknya, Ustadz?

Hamba Allah

Jawaban :

Orang yang secara fisik tidak mampu atau istitha’ah melaksanakan ibadah haji, tapi mampu secara finansial, secara hukum terbagi menjadi dua kelompok.  Pertama, yang ketidakmampuannya bersifat sementara, seperti orang sakit yang masih ada harapan bisa sembuh. Kedua, yang ketidakmampuannya itu bersifat permanen, seperti orang yang sudah renta atau orang sakit yang tidak ada harapan bisa sembuh.

Bagi kelompok yang masih ada harapan sembuh, kewajiban hajinya harus menunggu sampai Allah SWT memberikannya kesembuhan. Sebab, kewajiban berhaji tidak dibebankan kepadanya.

Apabila mewakilkan hajinya kepada orang lain, kemudian dia sembuh dari sakitnya, dia masih mempunyai kewajiban melaksanakan ibadah haji kembali.

Alasannya, mewakilkan pelaksanaan ibadah haji dalam keadaan ini tidak menggugurkan kewajiban haji baginya. Sedangkan, untuk kelompok kedua yang ketidakmampuannya bersifat permanen, tapi mempunyai kemampuan finansial, dalam hal ini ulama berbeda pendapat.

Mayoritas ulama berpendapat, dia harus mewakilkan kepada orang lain untuk melaksanakan ibadah haji atas namanya. Sedangkan, menurut Imam Malik, Imam al-Laits, dan al-Hasan, seseorang tidak wajib mewakilkan kepada orang lain untuk melakukan haji atas namanya, kecuali atas nama orang yang sudah meninggal.

Hal itu karena Allah mewajibkan haji kepada orang yang mampu melakukan ibadah haji, seperti dijelaskan dalam  Surah  Ali-Imran ayat 97. Wallahu a’lam bish shawab.■

Sumber : Konsultasi Agama, Republika, Selasa, 18 Oktober 2011 / 20 Dzulqaidah 1432

ΩΩΩ

About Jalan Kehidupan

Blog ini hanya menyajikan ulang berbagai masalah keagamaan dalam bentuk tanya jawab dengan para ulama yang pernah diterbitkan di berbagai media cetak. Admin tidak menyediakan fasilitas tanya jawab dengan para pengunjung blog ini. Terima kasih.
This entry was posted in Bachtiar Nasir, Haji and tagged , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s