Berhaji untuk Orang Lain ( Badal Haji )


Oleh : Ustadz Bachtiar Nasir

Ustadz, ayah dan ibu saya telah meninggal dunia, sedangkan mereka belum menunaikan kewajiban haji. Bolehkah saya mewakilkan seseorang untuk melakukan haji atas nama mereka?

Hamba Allah

Jawaban :

Pada dasarnya, semua ibadah jasmani harus dilaksanakan sendiri oleh setiap Muslim, sebagaimana firman Allah SWT, “Dan, bahwasanya seorang manusia tiada memperoleh selain apa yang telah diusahakannya.” ( QS an-Najm : 39 ). Namun, ada pengecualian yang Allah syariatkan kepada hamba-hamba-Nya.

Di antaranya adalah boleh mewakilkan ( badal ) ibadah haji kepada orang lain, terutama dianjurkan kepada orang terdekat almarhum atau orang yang tidak punya kemampuan (istitha’ah) untuk menunaikan sendiri ibadah hajinya.

Ibnu Abbas meriwayatkan, seorang perempuan dari Juhainah datang kepada Nabi Muhammad SAW, lalu berkata, “Sesungguhnya ibuku telah bernazar untuk melakukan haji, tapi dia tidak melaksanakan nazarnya sehingga dia meninggal dunia. Apakah aku boleh melakukan haji untuknya?” Rasulullah bersabda, “Iya, lakukanlah haji untuknya. Bukankah jika ibumu memiliki utang maka kamu akan membayarkannya? Bayarlah hak Allah, sesungguhnya Allah lebih berhak untuk dibayar.” ( HR Bukhari ).

Mewakilkan haji untuk orang lain boleh dilakukan bagi orang sakit yang tidak diharapkan kesembuhannya atau bagi orang tua renta yang sudah sangat lemah dan tidak mampu melakukannya.

Diwajibkan, bagi anak atau orang yang akan menghajikan orang lain telah pernah berhaji untuk dirinya sendiri terlebih dahulu. Dan, sebaiknya biaya perjalanan ibadah haji itu menggunakan harta orang yang dihajikannya, seperti untuk membayar utang orang yang wafat diambilkan dari harta yang dia tinggalkan sebelum dibagikan kepada ahli warisnya. Wallahu a’lam bish shawab.■

Sumber : Konsultasi Agama, Republika, Rabu, 12 Oktober  2011 / 14 Dzulqaidah 1432

ΩΩΩ

About Jalan Kehidupan

Blog ini hanya menyajikan ulang berbagai masalah keagamaan dalam bentuk tanya jawab dengan para ulama yang pernah diterbitkan di berbagai media cetak. Admin tidak menyediakan fasilitas tanya jawab dengan para pengunjung blog ini. Terima kasih.
This entry was posted in Bachtiar Nasir, Haji and tagged , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s