Rafats, Fusuq, dan Jidal 


Oleh : Ustadz Bobby Herwibowo

Ustadz, para ustadz sering kali mengungkapkan kata rafats, jidal, atau fusuq saat walimatussafar ( haji). Apakah maksudnya jamaah tidak boleh melakukan tiga hal itu? Apakah hanya tiga hal tersebut?

Basori Rahman, Ciputat

Jawaban :

Banyak sekali tafsir para ulama mengenai ketiga istilah itu. Sebetulnya, ketiga istilah ini tidak berlaku khusus dalam ibadah haji. Namun, karena pemakaiannya sering kali digunakan saat ibadah haji dilaksanakan. Terlebih lagi, Allah melarang tiga hal istilah ini dalam ibadah haji.   ( QS al-Baqarah [2] : 197 ).

Rafats adalah hubungan biologis antara pasangan suami-istri dan segala hal yang dapat menjurus ke arah sana, baik pembicaraan, tingkah laku, maupun tindakan. Termasuk di da lamnya adalah perkataan kotor dan jorok atau tidak senonoh. Fusuq adalah seluruh tindakan dan ucapan seorang hamba yang menyebabkan seseorang keluar dari ketaatan pada kemaksiatan.

Jidal adalah berbantah-bantahan. Tindakan yang mengundang emosi sehingga seseorang menjadi marah dan menyebabkan kegaduhan dan mengganggu ketenangan Muslim lainnya. Ketiga hal ini dilarang dilakukan oleh jamaah yang sedang melaksanakan ibadah haji, wa bil khusus, saat mereka sedang berihram.

Lalu, apakah bila melakukan ketiga hal tersebut akan membatalkan haji? Jawabannya tidak. Hanya ia telah kehilangan keutamaan haji dan mungkin saja mengurangi pahalanya. Siapa yang berhaji, sedang ia tidak melakukan rafats dan fusuq maka ia kembali ( suci ) seperti saat ia dilahirkan ibunya. ( HR Bukhari dan Muslim ).

Makna dari pelarangan itu adalah pening katan kualitas akhlak. Karena itu, haji merupakan bentuk ujian atas kemabruran seseorang. Wallahu a’lam.■

Sumber : Jurnal Haji 1432 H,  Republika, Rabu, 12 Oktober 2011/14 Dzulqaidah 1432

ΩΩΩ

About Jalan Kehidupan

Blog ini hanya menyajikan ulang berbagai masalah keagamaan dalam bentuk tanya jawab dengan para ulama yang pernah diterbitkan di berbagai media cetak. Admin tidak menyediakan fasilitas tanya jawab dengan para pengunjung blog ini. Terima kasih.
This entry was posted in Bobby Herwibowo, Haji and tagged , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s