Hukum Wanita Mencium Hajar Aswad


Oleh : Ustadz Bobby Herwibowo

Ustadz, semua jamaah haji berlomba-lomba untuk mencium Hajar Aswad. Bagaimanakah hukumnya seorang perempuan mencium Hajar Aswad?

Kamila, Ciledug

Jawaban :

Hajar Aswad adalah sebuah batu bersejarah dan ribuan orang berebut untuk mengadu nasib demi mencium maupun menyentuhnya setiap saat. Bahkan, dalam setiap putaran Thawaf, orang yang berhaji harus melakukan istilam ( mencium, menyentuh, atau melambaikan tangan ke arahnya ). Hal ini dicontohkan Rasulullah SAW dan kemudian diikuti oleh sahabat dan umat Islam hingga saat ini karena mengikuti sunah Beliau.

Bahkan, berbicara tentang keutamaan Hajar Aswad ini, Rasulullah SAW menyampaikan bahwa Hajar Aswad adalah Yaminulllah, yang berarti tangan kanan Allah SWT. Mungkin sebab itu, maka setiap kali melintasinya, maka seseorang perlu melambaikan tangannya lalu mengecupnya dan ini hanya berlaku pada rukun Hajar Aswad saja, bukan pada rukun atau sudut lainnya.

Saat ini jamaah haji berjibaku demi menyentuh dan menciumnya. Namun, ketahuilah bahwa mencium Hajar Aswad hanya dicontohkan oleh Rasulullah SAW. Selain itu, mencium Hajar Aswad ini tiada lain adalah perkara sunah belaka, bukan wajib. Apalagi, memaksakan diri untuk mencium atau menyentuhnya hingga dapat merusak akidah atau melanggar aturan agama. Maka, bila hal itu dilakukan, mencium Hajar Aswad yang tadinya sunah dapat menjadi haram.

Umar bin Khattab RA berkata, “Wahai Hajar Aswad, aku mengerti bahwa engkau hanyalah sebuah batu yang tiada memberi manfaat atau mudharat. Kalau saja aku tidak melihat Rasulullah SAW menciummu, maka aku tidak akan pernah menciummu!” ( HR Bukhari dan Muslim ).

Karena keutamaannya, maka semua orang berusaha menciumnya, termasuk kaum perempuan. Wallahu a’lam bish shawab ■

Sumber : Jurnal Haji 1432 H,  Republika, Jumat, 7 Oktober 2011/9 Dzulqaidah 1432 H

ΩΩΩ

About Jalan Kehidupan

Blog ini hanya menyajikan ulang berbagai masalah keagamaan dalam bentuk tanya jawab dengan para ulama yang pernah diterbitkan di berbagai media cetak. Admin tidak menyediakan fasilitas tanya jawab dengan para pengunjung blog ini. Terima kasih.
This entry was posted in Bobby Herwibowo, Haji and tagged , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s