Berhaji tanpa Mahram


Oleh : Ustadz Bobby Herwibowo

Ustadz, saya seorang janda dan ingin berhaji. Namun, karena tidak punya anak dan orang tua serta saudara, bolehkah saya berhaji tanpa disertai mahram?

Alif Surani, Bojonegoro

Jawaban :

Dewasa ini, banyak sekali didapati adanya para wanita yang berangkat ke Tanah Suci untuk menunaikan ibadah haji maupun umrah tanpa didampingi oleh mahram ( orang Indonesia lazim menyebutnya muhrim ). Banyak alasan yang melatarbelakangi para wanita seperti yang dialami Ibu Alif untuk berhaji dan berumrah.

Rasulullah SAW memberi keterangan hukum bagi wanita yang bepergian ( safar ): “Tidak halal bagi wanita yang beriman kepada Allah dan hari akhir untuk mengadakan safar sehari semalam tidak bersama mahramnya.” ( HR Bukhari: 1088, Muslim: 1339 ).

Hadis ini adalah ketentuan Rasulullah SAW secara umum bagi wanita yang melakukan safar, sedangkan dalam kasus haji seperti yang disampaikan oleh Ibnu Abbas RA, beliau berkata: “Saya mendengar Rasulullah SAW bersabda: ‘Jangan seorang laki-laki berkhalwat ( berduaan ) dengan seorang wanita, kecuali bersama mahramnya, juga jangan safar dengan wanita, kecuali bersama mahramnya.’ Maka ada seorang lelaki berdiri, lalu berkata: ‘Wahai Rasulullah, sesungguhnya istri saya pergi haji, padahal saya ikut dalam sebuah peperangan.’ Maka Rasulullah menjawab: ‘Berangkatlah untuk berhaji dengan istrimu!'” ( HR Bukhari: 3006, 523, Muslim: 1341 ).

Kedua dalil di atas menggambarkan bahwa menjadi salah satu syarat istitha’ah ( mampu berhaji ) bagi wanita adalah adanya mahram atau suami yang mendampinginya.

Lalu, bagaimana bila ternyata ada wanita yang berangkat haji tanpa didampingi oleh suami atau mahram, apakah hajinya tidak sah? Dalam hal ini, para ulama mazhab Syafi’i membolehkan seorang wanita berhaji tanpa mahram asalkan keberangkatannya bersama rombongan wanita yang dapat dipercaya.

Hal ini juga didukung oleh ulama mazhab Maliki yang memperbolehkan wanita berhaji dengan mengikuti rifqah ma’munah ( rombongan yang aman ). Kalau kondisi ini tidak ada, tidak wajib bagi wanita tersebut untuk berhaji karena syarat istitha’ah tidak ia miliki.

Maka itu, makna mahram sebagai syarat dibolehkannya safar bagi wanita dapat diperluas dengan rombongan dan teman perjalanan yang aman dan dapat dipercaya menurut pendapat ulama mazhab Malik dan Syafi’i. Wallahu A’lam. ■

Sumber : Jurnal Haji 1432 H, Republika, Senin, 10 Oktober 2011/12 Dzulqaidah 1432

ΩΩΩ

About Jalan Kehidupan

Blog ini hanya menyajikan ulang berbagai masalah keagamaan dalam bentuk tanya jawab dengan para ulama yang pernah diterbitkan di berbagai media cetak. Admin tidak menyediakan fasilitas tanya jawab dengan para pengunjung blog ini. Terima kasih.
This entry was posted in Bobby Herwibowo, Haji and tagged , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

One Response to Berhaji tanpa Mahram

  1. ridwan says:

    Assalamualaikum, Secara Administrasi yang membatasi kebijakan bahwa setiap wanita berumroh atau haji harus bermahram dikeluarkan oleh Institusi apa? dimanakah fungsi mahram ini ada dalam pengawasan institusi tersebut, apakah cukup suami-istri tersebut berbarengan atau istri di antar suami cukup sampai dengan bandara kemudian istri naik pesawat sendiri atau kasus kedua bilamana suami dan istri tersebut bersamaan di bandara akan tetapi mendapatkan seat pesawat yang berbeda apakah hal ini bisa dibebaskan dari ketentuan mahram tersebut ?
    Menjadi kendala hal ini ketika didapati kasus demikian, suami sudah issued ticket pesawat duluan, dua minggu kemudian kelengkapan administrasi umroh istrinya baru kelar dan reserve ticket pesawat, tetapi kesulitan untuk mendapatkan ticket dengan pesawat yang sama, saat ini ticket perginya bisa bareng, tapi pulangnya tidak mendapatkan ticket yang berbarengan menjadi dilema karena katanya harus satu pesawat pulang dan perginya. Mohon solusi untuk kasus tersebut.

    Wassalam
    -Ridwan-

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s