Berangkat Haji dari Harta Haram


Oleh : Ustadz Bobby Herwibowo

Ustadz, akhir-akhir ini banyak sekali orang berhaji dan umrah dengan harta yang berasal dari hasil menipu, memperdaya orang lain, korupsi, mencuri, hasil riba, dan lain-lain. Bagaimanakah hukumnya berhaji dengan harta haram itu?

Ny. Ina Solihah, Bekasi

Jawaban :

Ibadah haji adalah sebuah ibadah yang suci nan sakral. Ini adalah ibadah perjumpaan dengan Allah SWT Yang Maha Suci di rumah-Nya yang disucikan.

Maka, setiap hamba Allah yang hadir di sana hendaknya menyibukkan diri untuk selalu menyucikan diri. Suci lahir dan batin termasuk bekal yang ia bawa untuk ke sana.

Menurut hukum fikih orang-orang seperti yang berhaji dengan nafkah nonhalal, maka kewajiban haji mereka telah gugur. Mereka sudah dianggap menunaikan rukun Islam yang kelima, namun ibadah haji yang mereka lakukan tidak diterima oleh Allah SWT.

Ini sama dengan orang yang berpuasa. “Siapa yang tidak mampu meninggalkan ucapan dan tindakan kotor, maka Allah SWT tidak akan menerima ( pengorbanannya ) untuk meninggalkan makan dan minum saat berpuasa.” ( HR Bukhari dan Muslim ).

Hal ini serupa dengan orang yang menjalankan puasa namun masih senang menggunjing, berghibah, berdusta, dan lain-lain.

Berkaca dari hadis di atas, maka orang yang berhaji ke Baitullah dengan bekal harta yang haram juga tidak akan diterima oleh Allah SWT. Allah itu baik dan hanya menerima yang baik-baik saja.

Kini harus menjadi perhatian bagi para calon tamu Allah yang akan berangkat haji tahun ini untuk memperhatikan bekal yang mereka bawa. Sebab, semua ibadah yang mereka lakukan akan tertolak oleh Allah SWT.

Amin. Wallahu a’lam ■

Sumber : Jurnal Haji 1432 H,  Republika, Selasa, 4 Oktober 2011/ 6 Dzulqaidah 1432 H

ΩΩΩ

Entri Terkait :

About Jalan Kehidupan

Blog ini hanya menyajikan ulang berbagai masalah keagamaan dalam bentuk tanya jawab dengan para ulama yang pernah diterbitkan di berbagai media cetak. Admin tidak menyediakan fasilitas tanya jawab dengan para pengunjung blog ini. Terima kasih.
This entry was posted in Bobby Herwibowo, Haji. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s