Ciri-ciri Lailatul Qadar


Oleh : KH Achmad Satori Ismail

Mohon penjelasan ciri-ciri datangnya malam Lailatul Qadar . Dan, ciri-ciri orang yang mendapatkan Lailatul Qadar. Terima Kasih Ustadz.

Toha, Lenteng Agung, Jakarta Selatan

Jawaban:

Lailatul Qadar adalah malam yang ibadah di dalamnya lebih baik dari ibadah seribu bulan (Lihat Surat Al-Qadr). Allah merahasiakan kapan terjadinya Lailatul Qadar agar umat Islam menghidupkan tiap malam di bulan Ramadhan untuk beribadah, berdoa, dan berdzikir. Kita disunahkan untuk menanti Lailatul Qadar pada 10 hari terakhir di bulan Ramadhan dengan cara mengoptimalkan ibadah pada malam-malam tersebut.

Di antara tanda-tanda terjadinya Lailatul Qadar adalah seperti yang diriwayatkan oleh Imam Ahmad, Abu Daud, dan Tirmidzi bahwa Rasulullah SAW pernah bersabda, “Pada saat terjadinya Lailatul Qadar itu, malam terasa jernih, terang, tenang, cuaca sejuk tidak terasa panas, tidak juga dingin. Dan, pada pagi harinya matahari terbit dengan jernih, terang benderang tanpa tertutup awan.

Ciri-ciri orang yang mendapatkan Lailatul Qadar adalah meningkat ketakwaannya, lebih rajin ibadahnya, tambah mantap akidahnya, dan lebih shaleh dalam kehidupan setelahnya. Wallahu a’lam. ■

Sumber : Konsultasi Puasa, Republika, Ahad, 28 Agustus 2011/28 Ramadhan 1432 H

ΩΩΩ

About Jalan Kehidupan

Blog ini hanya menyajikan ulang berbagai masalah keagamaan dalam bentuk tanya jawab dengan para ulama yang pernah diterbitkan di berbagai media cetak. Admin tidak menyediakan fasilitas tanya jawab dengan para pengunjung blog ini. Terima kasih.
This entry was posted in Achmad Satori Ismail, Puasa, Ramadhan and tagged , , , , , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s