Shalat Malam pada Bulan Ramadhan


Oleh : KH Achmad Satori Ismail

Ustadz, shalat malam sangat dianjurkan saat Ramadhan selain tarawih. Bagaimana pelaksanaan qiyamulail yang sesuai tuntunan Rasulullah? Apakah setelah tarawih kita shalat witir atau witir ditunda karena ingin berniat shalat malam? Bagaimana dengan jumlah rakaatnya? Terima kasih.

Firmansyah, Jakarta

Jawaban:

Qiyamulail adalah sunah muakadah atas umat Islam. Dilakukan setelah shalat Isya, namun waktu yang afdal adalah sepertiga akhir setiap malam. Shalat malam tidak dibatasi rakaatnya. Rasulullah selalu memulainya dengan dua rakaat ringan dan setelah itu shalat sekehendaknya. Qiyam Ramadhan atau shalat tarawih sebenarnya termasuk qiyamulail dan harus dilakukan setelah shalat Isya.

Hukum shalat tarawih adalah sunah muakadah atas laki-laki dan perempuan. Bilangan rakaatnya terbatas, menurut hadis dari Siti Aisyah RA yang diriwayatkan jamaah, Rasulullah shalat delapan rakaat, lalu ditutup dengan witir. Pada masa sahabat, Umar RA, Utsman RA, dan Ali RA melakukan shalat tarawih 20 rakaat, lalu ditutup witir.

Menjadikan witir sebagai akhir shalat di malam hari adalah sunah. Rasulullah bersabda, “Jadikanlah shalat witir sebagai shalat terakhir pada malam hari.” Jadi, tidak mengapa kita shalat witir setelah tarawih, bahkan lebih baik bila takut tidak melaksanakannya pada akhir malam. Witir adalah sunah untuk diakhirkan. Wallahu a’lam.

 

Sumber : Konsultasi Puasa, Republika, Sabtu, 27 Agustus 2011/27 Ramadhan 1432 H

ΩΩΩ

About Jalan Kehidupan

Blog ini hanya menyajikan ulang berbagai masalah keagamaan dalam bentuk tanya jawab dengan para ulama yang pernah diterbitkan di berbagai media cetak. Admin tidak menyediakan fasilitas tanya jawab dengan para pengunjung blog ini. Terima kasih.
This entry was posted in Achmad Satori Ismail, Fiqih, Ramadhan, Shalat and tagged , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s