Hukum Utang dalam Perubahan Nilai Uang


Oleh : M Amin Suma

Saya mempunyai utang kepada teman dalam bentuk mata uang poundsterling. Saya berniat membayar utang tersebut dalam bentuk dolar, karena saya mempunyai deposito dolar. Dolar yang saya bayar sesuai nilainya dengan mata uang poundsterling.

Sebelum uang transfer saya diterima teman saya, ada perubahan nilai mata uang, dolar melemah. Bagaimana hukumnya terhadap utang saya tersebut?

Wita, Surabaya

Jawaban:

Dalam hadist riwayat Imam Baihaqi dari Abu Hurairah, Rasulullah SAW menyatakan bahwa hamba yang paling dicintai Allah adalah hamba yang jika membayar utang, maka membayar dengan cara yang terbaik ( tidak ingin merugikan pemberi utang ).

Dalam kasus Anda, bayarlah dengan dolar yang nilainya sesuai dengan poundsterling yang Anda terima, walaupun pada saat tersebut Anda seolah-olah merugi karena nilai dolar melemah.

Sumber : Konsultasi  Zakat, Republika, Sabtu , 27 Agustus 2011/27 Ramadhan 1432 H

ΩΩΩ

About Jalan Kehidupan

Blog ini hanya menyajikan ulang berbagai masalah keagamaan dalam bentuk tanya jawab dengan para ulama yang pernah diterbitkan di berbagai media cetak. Admin tidak menyediakan fasilitas tanya jawab dengan para pengunjung blog ini. Terima kasih.
This entry was posted in M. Amin Suma, Muamalah, Zakat, Infak, Sedekah dan Wakaf and tagged , , , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

