Baca Al-Quran Lewat CD


Oleh : Ustadz Bachtiar Nasir

Ustadz, setiap pagi saya membaca Al-Quran walau hanya 1-2 halaman. Nah, sekarang saya mempunyai CD atau aplikasi komputer bacaan Al-Quran lengkap 30 juz dan saya membaca sambil mengikuti suara dari CD tersebut. Apakah boleh saya melakukan hal itu?

Andri Krisnadi, Ngawi

Jawaban :

Membaca dan mempelajari Al-Quran dengan mendengarkan CD ( compact disc ) tidak salah, bahkan bagus jika dijadikan sebagai salah satu metode belajar tanpa guru musyafahah ( belajar langsung ). Namun, akan tidak baik jika sudah merasa cukup sehingga malas berguru dan mendatangi majelis-majelis yang mengajarkan Al-Quran atau menjadi ketergantungan serta merasa tidak percaya diri jika membaca sendiri tanpa CD.

Di era teknologi seperti sekarang ini, ada banyak media yang bisa dijadikan sarana pelengkap belajar dan mengajarkan Al-Quran. Selain CD, dapat juga dengan Mp3, Mp4, atau dengan teknologi multimedia lainnya. Di beberapa pesantren dan lembaga-lembaga pengajaran Al-Quran di dunia, juga sudah ada yang mengajarkan Al-Quran berbasis teknologi multimedia seperti ini.

Tentu saja belajar melalui CD, komputer, Ipad dan lain-lain tidak cukup untuk menggantikan keutamaan berguru langsung kepada seorang guru Al-Quran, beberapa hal penting di antaranya:

1. Keberkahan ilmu dari seorang guru yang diberkahi sebagaimana pelukan Jibril as kepada Muhammad SAW, atau kasih sayang serta doa guru kepada muridnya. Proses transformasi ilmu dari guru yang diberkahi kepada muridnya adalah hal penting dalam mempelajari Al-Quran.

2. Adab dan etika berinteraksi dengan guru dalam proses belajar-mengajar sebagaimana bertadarusnya Rasulullah SAW di hadapan Jibril as dan adab para sahabat ketika belajar dengan Rasululah SAW. Hal ini sangat membantu pemahaman seorang murid.

3. Atmosfer orang yang belajar dan mengajarkan Al-Quran akan mendatangkan malaikat pembawa sakinah, rahmah, dan kemuliaan bagi seluruh orang yang berada dalam ruangan belajar dan mengajar itu. Wallahu a’lam bish shawab.

Sumber : Konsultasi Agama,Republika, Kamis, 25 Agustus 2011/25 Ramadhan 1432 H

 ΩΩΩ

About Jalan Kehidupan

Blog ini hanya menyajikan ulang berbagai masalah keagamaan dalam bentuk tanya jawab dengan para ulama yang pernah diterbitkan di berbagai media cetak. Admin tidak menyediakan fasilitas tanya jawab dengan para pengunjung blog ini. Terima kasih.
This entry was posted in Al-Quran, Bachtiar Nasir and tagged , , , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s