Zakat Penghasilan Karyawan


Oleh : M Amin Suma

Saya seorang karyawan dengan penghasilan Rp 2 juta per bulan dan mempunyai tabungan Rp 9 juta. Kebutuhan hidup rata-rata saya per bulan sekitar Rp 1 juta.

1. Apa saja yang menjadi pengurang zakat saya dan berapa zakat penghasilan yang harus dikeluarkan?

2.Bagaimana menghitung zakat tabungan saya karena jika diambil saldo terakhir berjumlah Rp 6 juta?

3. Gaji sudah saya keluarkan zakatnya setiap bulan. Apakah tabungan dari sisa gaji yang telah dikeluarkan zakatnya itu harus dizakati lagi bila mencapai satu tahun?

Irawan, Depok

Jawaban :
1.  Yang menjadi pengurang kewajiban zakat hanyalah utang yang harus segera dibayar yang bersifat konsumtif. Misalnya, utang untuk membeli kebutuhan hidup sehari-hari atau utang untuk berobat.

2.  Zakat penghasilan nisabnya senilai 520 kg beras dengan besar zakat 2,5 persen, dikeluarkan setiap menerima penghasilan, misalnya sebulan sekali.

3.  Nilai zakat tabungan senilai 85 gram emas dan besar zakatnya 2,5 persen. Perhitungannya dimulai pada saat tabungan mencapai nisab. Contoh, pada Muharam 1422 H Anda mulai menabung dan Syawal 1422 H tabungan Anda sudah mencapai nisab. Maka, Anda berkewajiban berzakat pada Sya’ban 1423 H ( setelah berlalu satu tahun dari nisab awal ).

4. Ya. Salah satu persyaratan zakat ialah an-namaa ( berkembang ). Karena itu, penghasilan Anda yang sudah dikeluarkan zakatnya setiap bulan kemudian sisanya ditabungkan, maka pada akhir tahun tabungan itu harus diperhitungkan dan dikeluarkan zakatnya sebesar 2,5 persen jika mencapai nisab senilai 85 gram emas. .

Sumber : Konsultasi  Zakat, Republika, Rabu , 24 Agustus 2011/24 Ramadhan 1432 H

ΩΩΩ

About Jalan Kehidupan

Blog ini hanya menyajikan ulang berbagai masalah keagamaan dalam bentuk tanya jawab dengan para ulama yang pernah diterbitkan di berbagai media cetak. Admin tidak menyediakan fasilitas tanya jawab dengan para pengunjung blog ini. Terima kasih.
This entry was posted in M. Amin Suma, Zakat, Infak, Sedekah dan Wakaf and tagged , , , , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s