Zakat Harta Warisan


Oleh : M Amin Suma

Semasa ayah masih hidup, beliau sudah membagikan harta waris kepada tiga orang anaknya. Saya mewarisi usaha angkot dan kedua kakak saya rumah kontrakan dan usaha air minum. Tetapi, kami belum sepenuhnya menangani usaha tersebut, 60 persen masih ditangani ayah. Setelah ayah meninggal enam bulan lalu, usaha tersebut kami tangani 100 persen. Bagaimana perhitungan zakatnya?

Jaka, Kemang, Jakarta

Jawaban:

Keseluruhan kegiatan usaha tersebut ( usaha angkot, rumah kontrakan, dan usaha air minum ) harus dikeluarkan zakatnya kalau telah mencapai nishab ( senilai 85 gram emas ) dan telah berjalan satu tahun.

Perhitungan waktunya bisa diawali pada masa Anda bertiga mulai mengelola usaha tersebut secara full ( enam bulan yang lalu sampai dengan enam bulan ke depan ) jika selama ayah Anda masih mengelola usaha tersebut sudah dikeluarkan zakatnya.

Tetapi, jika belum dikeluarkan zakatnya, harus dilihat kembali sejak kapan zakatnya terakhir dari perusahaan yang Anda keluarkan, lalu diperhitungkan dalam perjalanan waktu satu tahun. Adapun zakatnya sebesar 2,5 persen dari totalitas harta yang Anda usahakan setelah dikurangi berbagai biaya untuk keperluan usaha tersebut untuk gaji karyawan.

Sumber : Konsultasi  Zakat, Republika, Kamis , 18 Agustus 2011/18 Ramadhan 1432 H

 ΩΩΩ

About Jalan Kehidupan

Blog ini hanya menyajikan ulang berbagai masalah keagamaan dalam bentuk tanya jawab dengan para ulama yang pernah diterbitkan di berbagai media cetak. Admin tidak menyediakan fasilitas tanya jawab dengan para pengunjung blog ini. Terima kasih.
This entry was posted in M. Amin Suma, Zakat, Infak, Sedekah dan Wakaf and tagged , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s