Saf Pria dan Wanita Bersebelahan


Oleh : KH Achmad Satori Ismail

Pak Ustadz, dalam sunah Nabi bolehkah dalam shalat berjamaah saf pria dan wanita bersebelahan seperti shalat Tarawih di Masjid Istiqlal? Apakah ada uzur di situ?

Anissa, Jakarta

Jawaban:

Dalam shalat berjamaah, saf laki-laki di depan dan saf perempuan di belakang saf laki-laki. Dalam sebuah hadis disebutkan, “Rasulullah mengatur saf laki-laki di depan saf anak-anak, dan saf perempuan di belakang saf anak-anak. ( HR Ahmad dan Abu Daud ).

Dalam hadis lain, Rasulullah SAW bersabda, “Sebaik-baik saf laki-laki adalah yang terdepan dan yang paling buruk adalah yang paling belakang dan sebaik-baik saf perempuan adalah yang paling belakang dan yang paling buruk adalah saf perempuan yang paling depan. ( HR Al-Jamaah selain Al Bukhari ).

Mengapa Rasulullah SAW menetapkan demikian? Karena dikhawatirkan campur aduknya jamaah laki-laki dengan jamaah perempuan. Bila kita yakin tidak akan ada campur aduk antara jamaah laki-laki dan jamaah perempuan sehingga tidak menimbulkan fitnah, tidak mengapa saf laki-laki bersebelahan dengan saf perempuan yang dipisahkan hijab atau pembatas. Wallahu a’lam.

Sumber : Konsultasi Puasa, Republika, Selasa, 23 Agustus 2011/ 23 Ramadhan 1432 H

ΩΩΩ

About Jalan Kehidupan

Blog ini hanya menyajikan ulang berbagai masalah keagamaan dalam bentuk tanya jawab dengan para ulama yang pernah diterbitkan di berbagai media cetak. Admin tidak menyediakan fasilitas tanya jawab dengan para pengunjung blog ini. Terima kasih.
This entry was posted in Achmad Satori Ismail, Fiqih, Ibadah, Shalat and tagged , , , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s