Komisi dari Pinjaman Uang


Oleh : M Amin Suma

Saya mendapatkan pinjaman uang dari tempat saya bekerja dengan tidak memakai bunga pinjaman. Kemudian, uang tersebut dijadikan modal usaha orang lain dan setiap bulan saya mendapatkan hasil usaha 5 persen dari modal.

Pembagian keuntungan tersebut bukan saya yang menentukan, melainkan orang tersebutlah yang memberi ketentuannya. Usaha ini sudah berjalan selama empat bulan. Apakah saya perlu berzakat?

Tias, Rempoa

Jawaban :

Dalam kegiatan usaha dengan sistem kerja sama antara pemilik modal dan pengusaha tidak boleh ditetapkan keuntungannya terlebih dahulu dengan nilai tertentu, seperti yang terjadi pada usaha Anda, walaupun bukan Anda yang menentukan, tetapi Anda menyetujuinya.

Cara yang semacam ini termasuk kategori riba yang dilarang ajaran Islam. Anda berdua hanya boleh menetapkan nisbah, misalnya 60 persen untuk Anda dan 40 persen untuk teman Anda yang mengusahakan, jika keuntungan ( tidak boleh ditetapkan angka secara fixed / tetap ). Mengenai zakat, tunggu saja sampai berjalan satu tahun ( haul ).

Sumber : Konsultasi  Zakat, Republika, Selasa, 23 Agustus 2011/23 Ramadhan 1432 H

ΩΩΩ

About Jalan Kehidupan

Blog ini hanya menyajikan ulang berbagai masalah keagamaan dalam bentuk tanya jawab dengan para ulama yang pernah diterbitkan di berbagai media cetak. Admin tidak menyediakan fasilitas tanya jawab dengan para pengunjung blog ini. Terima kasih.
This entry was posted in M. Amin Suma, Zakat, Infak, Sedekah dan Wakaf and tagged , , , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

One Response to Komisi dari Pinjaman Uang

  1. I blog quite often and I truly thank you for your content.
    Thee article has really peaked my interest. I will bookmark your blog and keep checking for new information bout once
    a week. I subscribed to your RSS feed as well.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s