Kapan Malam Lailatul Qadar


Oleh : KH Achmad Satori Ismail

Pak Ustadz, menurut saya, tidak ada satu pun ayat yang menjelaskan secara tersirat mengenai kapan malam Lailatul Qadar akan datang. Apakah pada saat bulan Ramadhan atau bulan lainnya? Mengapa Lailatul Qadar hanya datang pada bulan Ramadhan? Mengapa pada bulan-bulan lain tidak ada malam itu?

Siswanto, Margorukun, Surabaya

Jawaban :

Sesuai dengan ayat 185 surat Al-Baqarah dan hadis Rasulullah SAW, para ulama sepakat bahwa Lailatul Qadar terjadi pada malam bulan Ramadlan. Namun, malam ke berapa terjadinya, Al-Quran merahasiakannya.

Ini semata agar umat Islam senantiasa menantinya sejak awal Ramadhan dengan meningkatkan ibadah sampai pada akhir Ramadhan. Oleh sebab itu, para ulama banyak yang berbeda pendapat tentang sekitar terjadinya Lailatul Qadar. Ada yang memberi penjelasan sebagai berikut.

1. Tanggal 17 Ramadhan, yaitu malam diturunkannya Al-Quran. Ini pendapat Zaid bin Arqam dan Abdullah bin Zubair RA. ( HR Ibnu Abi Syaibah, Baihaqi, dan Bukhari ).

2. Lailatul Qadar terjadi pada malam-malam ganjil di 10 hari terakhir bulan Ramadhan. Diriwayatkan oleh Aisyah, Rasulullah SAW bersabda, “Carilah Lailatul Qadar pada malam-malam ganjil di 10 hari terakhir bulan Ramadhan. ( HR Bukhari, Muslim, dan Baihaqi ).

3. Lailatul Qadar terjadi pada malam tanggal 21 Ramadhan berdasarkan hadis riwayat Abu Said al Khudry yang dilaporkan oleh Bukhari dan Muslim.

4. Lailatul Qadar terjadi pada malam tanggal 23 Ramadhan berdasarkan hadis riwayat Abdullah bin Unais al Juhany, sebagaimana diriwayatkan Bukhari dan Muslim.

5. Lailatul Qadar terjadi pada malam tanggal 27 Ramadhan berdasarkan hadis riwayat Ibnu Umar dan seperti yang dikutp Imam Ahmad. Rasulullah SAW pernah menyampaikan kepada para sahabat yang sudah tua dan lemah sehingga tak mampu qiyam lama-lama, di mana mereka berkata: “Kapan mereka bisa mendapatkan Lailatul Qadar?” Rasulullah SAW menasihati mereka agar mencarinya pada malam ke-27 bulan Ramadhan. ( HR Thabrani dan Baihaqi ). Wallahu a’lam.

Sumber : Konsultasi Puasa, Republika, Jumat, 19 Agustus 2011/19 Ramadhan 1432 H

ΩΩΩ

About Jalan Kehidupan

Blog ini hanya menyajikan ulang berbagai masalah keagamaan dalam bentuk tanya jawab dengan para ulama yang pernah diterbitkan di berbagai media cetak. Admin tidak menyediakan fasilitas tanya jawab dengan para pengunjung blog ini. Terima kasih.
This entry was posted in Achmad Satori Ismail, Puasa, Ramadhan and tagged , , , , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s