Golongan yang Berhak Mendapatkan Zakat


Oleh : M Amin Suma

Pada ayat mengenai golongan yang berhak mendapatkan zakat, salah satunya adalah zakat diberikan untuk memerdekakan budak.

Pertanyaan saya, bagaimana dengan kondisi sekarang, sedangkan budak-budak yang dimaksud di dalam Al-Quran sudah tidak ada lagi?

Bisakah golongan ini digantikan dengan golongan yang lain, misalnya? Sekiranya tidak bisa, berarti golongan yang berhak mendapatkan zakat di era kini hanyalah tujuh golongan saja.

Aisyah, Tandjung Duren

Jawaban:

Salah satu mustahik zakat sebagaimana digambarkan QS At Taubah ayat 60 adalah dalam memerdekakan hamba sahaya, yaitu budak-budak belian yang telah membuat kesepakatan dengan tuannya bahwa dia sanggup membayar sejumlah harta untuk membebaskannya. Hal ini sebagaimana dinyatakan dalam QS An Nur ayat 33 atau petugas zakat dengan harta yang telah terkumpul membeli budak atau ammah kemudian untuk dibebaskannya.

Apabila kelompok ini sudah tidak ada lagi, tidak perlu mencari-cari atau menganalogikan kelompok lain dengannya. Penyebutan delapan kelompok bukanlah berarti harus selalu ada semuanya. Penyebutan itu hanya dimaksudkan bahwa zakat itu tidak boleh diberikan, kecuali pada orang atau kelompok orang yang termasuk kategori yang delapan tersebut.

 

Sumber : Konsultasi  Zakat, Republika, Sabtu , 20 Agustus 2011/20 Ramadhan 1432 H

ΩΩΩ

Entri Terkait :

About Jalan Kehidupan

Blog ini hanya menyajikan ulang berbagai masalah keagamaan dalam bentuk tanya jawab dengan para ulama yang pernah diterbitkan di berbagai media cetak. Admin tidak menyediakan fasilitas tanya jawab dengan para pengunjung blog ini. Terima kasih.
This entry was posted in M. Amin Suma, Zakat, Infak, Sedekah dan Wakaf and tagged , , , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s