Diminta Berbohong


Oleh : KH Achmad Satori Ismail

Saya seorang resepsionis di sebuah perusahaan. Atasan saya kerap kali meminta saya untuk berbohong tentang sesuatu hal. Padahal, dalam bulan puasa ini, kita tidak boleh berbohong.

Bagaimana mengatasinya? Kadang saya minta ke teman yang non-Muslim untuk menyampaikan permintaan atasan itu kepada orang-orang yang menanyakannya.

Apa hal ini pun berdosa? Terima kasih. Wassalam.

Hamba Allah, Surabaya

Jawaban :

Berbohong di saat puasa ataupun di luar puasa tetap dilarang dan haram hukumnya. Berbohong pasti berakibat buruk dan bila orang selalu berbohong, akan ditulis sebagai tukang bohong di sisi Allah.

(Hadis) Berbohong hanya dibolehkan pada saat perang untuk menyelamatkan orang yang dizalimi, memperbaiki hubungan antara pihak yang bertikai, dan bermesraan antara suami dan istri.

Anda bisa bertanya mengapa harus berbohong? Apakah atasan Anda sedang dizalimi? Kalau tidak ada alasan yang meringankan dia dan Anda untuk berbohong seperti yang tersebut di atas, atasan dan Anda sendiri dilarang berbohong.

Kalau tetap dipaksa berbohong, Anda tidak boleh taat dan carilah cara agar Anda bisa berdiplomasi sehingga terhindar dari kebohongan.

Meminta orang lain berbohong, walaupun non-Muslim, lebih besar dosanya karena melibatkan orang lain dalam dosa.

Sumber : Konsultasi Puasa, Republika, Sabtu, 20 Agustus 2011/20 Ramadhan 1432 H

ΩΩΩ

About Jalan Kehidupan

Blog ini hanya menyajikan ulang berbagai masalah keagamaan dalam bentuk tanya jawab dengan para ulama yang pernah diterbitkan di berbagai media cetak. Admin tidak menyediakan fasilitas tanya jawab dengan para pengunjung blog ini. Terima kasih.
This entry was posted in Achmad Satori Ismail, Fiqih, Puasa, Ramadhan and tagged , , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s