Gusi Berdarah


Oleh : KH Achmad Satori Ismail

Kalau gusi berdarah terus darahnya ditelan, apakah puasa saya batal atau tidak ? Kalau batal, berarti apakah saya harus meludah terus ? Terima kasih.

Karimin, Cilacap

Jawaban:

Jika gusi berdarah dan darahnya tertelan, puasa Anda tidak batal. Namun demikian, agar yakin puasa Anda tidak terganggu, sebaiknya Anda berobat  untuk kesehatan gigi Anda. 

Sumber : Konsultasi Puasa, Republika, Sabtu, 13 Agustus 2011/13 Ramadhan 1432 H

ΩΩΩ

About Jalan Kehidupan

Blog ini hanya menyajikan ulang berbagai masalah keagamaan dalam bentuk tanya jawab dengan para ulama yang pernah diterbitkan di berbagai media cetak. Admin tidak menyediakan fasilitas tanya jawab dengan para pengunjung blog ini. Terima kasih.
This entry was posted in Achmad Satori Ismail, Fiqih, Puasa, Ramadhan and tagged , , , , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

4 Responses to Gusi Berdarah

  1. Andy blinkz says:

    Klo dahak tertelan puasa nya batal nggak.?
    Trus ada dalil untuk masalah ini.?
    Trima ksh..
    Andy sepauk-kalbar

    ——————————————–

    Kalau tanpa kesengajaan, insya Allah tidak apa-apa.

  2. abdul haris akmaluddin says:

    seandai nya gusi dan mulut gampang sekali mengelarkan darah, suatu ketika dia meludah dan bercampur darah, maka meludahlah saya. tetapi dengan keyakinan bahwa darah biasanya mersumber dari gusi dan gigi, akan tetapi ketika menelan liur kembali dan yakin itu bukan darah, ternyata darah, bagaimanakh hukumnya?

  3. kalo suatu waktu di dalam mulut saya berdarah, dan mungkin sekali pada daerah gigi dan gusi, saya meludah dan pada ludahan itu terlihat darah bercampur dengan liur selama dua kali ludahan. akan tetapi ada ludah yang di ujung tenggorokan dan sengaja di telan karena yakin adalah liurdan bukan darah. akan tetapi untuk memastikan apakah itu ludah bercampur darah, saya meludah lagi dan yang keluar adalah darah bercampur dengan lur atau ludah, bagaimana hukumnya tersebut diatas? membatalkan puasa atau tidak?

    —————————-

    Untuk sesuatu yang di luar kemampuan kita untuk menghindarinya, tidak membatalkan, karena tanpa unsur kesengajaan. Tapi, tentu, Anda harus berobat agar masalah itu segera teratasi.

  4. Ida cutez says:

    Pak haji,knpa klo sy puasa,psti air liur sy bnyk sekali sy pun meludah terus,bgmna cr mengatasi nya?terus klo telan air liur batal ngk puasax?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s