Onani pada Siang Hari


Oleh : KH Achmad Satori Ismail

Dalam hadis yang membatalkan shaum, di antaranya melakukan jima’ suami istri pada siang hari di bulan Ramadhan. Tapi, apakah shaumnya batal bila melakukan onani atau masturbasi pada siang hari? Terima kasih. Wassalam.

Joko, Cilacap

Jawaban:

Onani atau masturbasi kalau dilakukan sendiri atau bukan dengan pasangan yang sah hukumnya haram, baik pada bulan Ramadhan atau pun di luar Ramadhan. Kalau dengan pasangan yang sah, dibolehkan, selama tidak dilakukan di dubur atau tempat yang dilarang.

Onani atau masturbasi hingga mengeluarkan mani akan membatalkan puasa dan harus mengqadha di hari lain dan tidak ada kafaratnya. Karena, kafarat hanya disebutkan secara khusus berkenaan dengan jima’ ( bersetubuh ). 


Sumber : Konsultasi Puasa, Republika, Jumat, 12 Agustus  2011/12 Ramadhan 1432 H

ΩΩΩ

About Jalan Kehidupan

Blog ini hanya menyajikan ulang berbagai masalah keagamaan dalam bentuk tanya jawab dengan para ulama yang pernah diterbitkan di berbagai media cetak. Admin tidak menyediakan fasilitas tanya jawab dengan para pengunjung blog ini. Terima kasih.
This entry was posted in Achmad Satori Ismail, Fiqih, Puasa, Ramadhan and tagged , , , , , , , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

2 Responses to Onani pada Siang Hari

  1. bhe says:

    apakah boleh onani di malah hari dan mandi di pagi hari pada bulan ramadhan

  2. VENDRA says:

    gw sdh 15thn onani. pngn berhenti susah bngt. gw sdh puasa, olah raga dll tetap sering onani, krn puasa dan olahraga bkin tubuh sehat shg semakin semangat onani. gw pngn nikah juga susah. gw umur kepala 3 blm pernah pacaran krn pendiam dan pemalu.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s