Jenis Kafarat Hubungan Suami / Istri


Oleh : KH Achmad Satori Ismail

Jenis kafarat berhubungan suami / istri pada siang hari di bulan Ramadhan adalah memberikan makan 60 orang miskin. Apakah dilakukan dengan langsung mendatangi 60 orang miskin? Atau bisa dengan cara memberi uang tunai atau transfer via bank kepada yayasan atau organisasi pengelola fakir miskin? Wassalam.

Yudi A, Magetan

Jawaban :

Teknis membayar kafarat diserahkan kepada masing-masing yang melanggar, namun tetap dalam bentuk pemberian makanan 60 orang miskin ( tidak satu orang miskin saja ) secara langsung, bukan uang tunai.

Sedangkan, bila Anda mewakilkan kepada pihak lain, seperti yayasan atau organisasi untuk melaksanakannya dan Anda menyerahkan dana dalam bentuk uang tunai atau transfer, Anda harus memantau pelaksanaannya, yaitu pemberian makan 60 orang miskin, bukan satu orang miskin saja atau kurang dari 60 orang miskin. Sebab, hadisnya menyebutkan, memberi makan 60 orang miskin, bukan memberikan uang atau lainnya. 

Sumber : Konsultasi Puasa, Republika, Jumat, 12 Agustus  2011/12 Ramadhan 1432 H

ΩΩΩ

About Jalan Kehidupan

Blog ini hanya menyajikan ulang berbagai masalah keagamaan dalam bentuk tanya jawab dengan para ulama yang pernah diterbitkan di berbagai media cetak. Admin tidak menyediakan fasilitas tanya jawab dengan para pengunjung blog ini. Terima kasih.
This entry was posted in Achmad Satori Ismail, Fiqih, Puasa, Ramadhan and tagged , , , , , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

One Response to Jenis Kafarat Hubungan Suami / Istri

  1. rikko says:

    Mohon infonya jikalau ada yayasan yang dapat menerima amanah u pemberian makan 60 orang fakir miskin sebagai konsekuensi pembeyaran kafarat hubungan suami istri di siang hari bulan ramadhan.

    —————————————-

    Biasanya di tiap masjid juga ada, di samping sebagai pengumpul dan pendistribusi zakat, mereka juga mengelola infak, sedekah, wakaf, dan fidyah. Yang penting harus memilih yang amanah dan profesional.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s