Zakat dari Dana Bankir


Oleh : M Amin Suma

Salah satu syarat kepemilikan harta adalah harta tersebut milik penuh dan legal secara syariat. Bagaimana hukumnya harta yang berasal dari bankir yang mengandung riba ataupun harta yang diperoleh dengan cara yang tidak lazim menurut Islam, seperti profesi artis, apakah wajib dizakati?

Adi, Pasar Minggu, Jaksel

Jawaban:

Salah satu hikmah dari kewajiban zakat adalah agar kita ( muzaki ) memiliki kesadaran yang kuat untuk mendapatkan pekerjaan ( penghasilan ) yang benar-benar baik dan halal (QS 2 : 267).

Dalam sebuah hadis riwayat Imam Muslim, Rasulullah SAW bersabda, “Allah SWT tidak akan menerima sedekah ( zakat ) dari harta yang didapat secara tidak sah.” Dalam hadis lain riwayat Imam Bukhari dari Abi Hurairah, Rasulullah SAW bersabda, “Barang siapa yang bersedekah dengan nilai sebiji kurma dari hasil usaha yang halal, Allah tidak akan menerima kecuali dari yang baik ( halal ). Dan, Allah akan menerima sedekah yang baik dengan tangan kanan-Nya, lalu mengembangkannya buat miliknya, seperti halnya seseorang di antara kamu mengembangkan anak ternaknya sehingga hartanya itu akan menjadi besar seperti sebuah gunung.”

Oleh karena itu, apabila kesadaran zakat telah tumbuh, mudah-mudahan menumbuhkan kesadaran yang tinggi untuk menyelaraskan profesi dan keahliannya sesuai dengan syariah, misalnya, menjadi bankir syariah yang tidak terlibat pada kegiatan meribakan uang, atau menjadi artis yang mengembangkan kesenian dan kebudayaan sesuai dengan ajaran agama Islam, dan menjauhkan diri dari perilaku yang tidak sesuai dengan ketentuan-Nya, seperti dalam cara berpakaian.

Sumber : Konsultasi  Zakat, Republika, Ahad , 7 Agustus 2011 / 7 Ramadhan 1432 H

ΩΩΩ

About Jalan Kehidupan

Blog ini hanya menyajikan ulang berbagai masalah keagamaan dalam bentuk tanya jawab dengan para ulama yang pernah diterbitkan di berbagai media cetak. Admin tidak menyediakan fasilitas tanya jawab dengan para pengunjung blog ini. Terima kasih.
This entry was posted in M. Amin Suma, Zakat, Infak, Sedekah dan Wakaf and tagged , , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s