Zakat Beras yang Diuangkan


Oleh : M Amin Suma

Bagaimana jika zakat fitrah dalam bentuk beras diuangkan dan kemudian dananya disalurkan kepada korban bencana alam ?

Maryam, Jakarta

Jawaban:

BAZ / LAZ yang mengumpulkan zakat fitrah, jika sudah membagikan kepada fakir miskin yang ada di sekitarnya (daerahnya) dan ternyata zakat fitrahnya masih cukup banyak tersedia, sangat baik jika disalurkan pada daerah-daerah bencana yang mengalami kekurangan. Hanya saja, pelaksanaannya perlu dikoordinasikan kepada lembaga yang biasa melakukannya agar tepat sasaran dan efisien.

Perlu Anda ketahui bahwa orang yang mendapatkan musibah ini mendapatkan perhatian serius dalam ajaran Islam, sehingga dalam sebuah hadis riwayat Imam Ahmad dan Imam Muslim dikemukakan bahwa Nabi SAW membolehkan orang yang mengalami bencana di dalam hartanya, meminta kepada penguasa bagian dari zakat sehingga ia mempunyai kekuatan untuk menutupi kebutuhan hidupnya.

Adapun teknis pemberiannya, apakah dalam bentuk beras langsung atau dalam bentuk uang, itu diserahkan sepenuhnya kepada pengelola atau lembaga yang mengetahui kondisi dari orang yang terkena musibah tersebut.

Sumber : Konsultasi  Zakat, Republika, Rabu , 10 Agustus 2011 /10 Ramadhan 1432 H

ΩΩΩ

About Jalan Kehidupan

Blog ini hanya menyajikan ulang berbagai masalah keagamaan dalam bentuk tanya jawab dengan para ulama yang pernah diterbitkan di berbagai media cetak. Admin tidak menyediakan fasilitas tanya jawab dengan para pengunjung blog ini. Terima kasih.
This entry was posted in M. Amin Suma, Zakat, Infak, Sedekah dan Wakaf and tagged , , , , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s