Membayar Fidyah


Oleh : KH Achmad Satori Ismail

Pak Ustadz, untuk aturan pembayaran fidyah, haruskah diberikan setiap hari selama Ramadhan? Atau, diberikan sekaligus di akhir bulan Ramadhan ( dirapel )? Terima kasih.

Bambang Soesanto, Kediri

Jawaban:

Fidyah secara bahasa adalah harta yang digunakan untuk menebus tawanan atau menyelamatkan diri dari permasalahannya. Sedangkan menurut istilah adalah suatu ganti yang harus dilakukan orang mukalaf untuk melepaskan diri dari sesuatu yang membebaninya, seperti orang tua bangka yang sudah tidak kuat puasa, boleh berbuka tapi wajib menggantinya dengan fidyah.

Membayar fidyah sesuai dengan makan pokok kita. Itu berarti, kita membayar fidyah dengan beras sekitar satu kilogram untuk mengganti satu hari puasa yang ditinggalkan. Masalah pembagiannya terserah kita apakah sekaligus dibagikan dalam satu hari untuk orang miskin atau langsung dibayar fidyahnya setiap hari yang ditinggalkan. Dengan catatan, menyegerakan pembayaran fidyah adalah jauh lebih baik daripada menundanya. Wallahu a’lam. 

Sumber : Konsultasi Puasa, Republika, Rabu, 10 Agustus  2011 / 10 Ramadhan 1432 H

ΩΩΩ

About Jalan Kehidupan

Blog ini hanya menyajikan ulang berbagai masalah keagamaan dalam bentuk tanya jawab dengan para ulama yang pernah diterbitkan di berbagai media cetak. Admin tidak menyediakan fasilitas tanya jawab dengan para pengunjung blog ini. Terima kasih.
This entry was posted in Achmad Satori Ismail, Fiqih, Puasa, Ramadhan and tagged , , , , , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

One Response to Membayar Fidyah

  1. Kalau Wanita yang sedang Haid / Nifas boleh tidak membayar fidyah selama dia tidak menjalankan puasa ?

    ————————————————–

    Wanita yang sedang haid / nifas tidak diwajibkan puasa, juga tidak boleh puasa. Ia wajib mengqadha di hari yang lain. Kalau fidyah hanya bagi wanita yang hamil, menyusui, orang yang sudah sangat tua, dan orang yang sakit-sakitan dan secara medis sulit diharapkan bisa sembuh.

    Mohon maaf, bila ada kekurangan diharap mencari informasi yang lebih lengkap. Terima kasih.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s