Zakat Tabungan di Bank Syariah


Oleh : M Amin Suma

Bagaimana tabungan yang disimpan di bank syariah, mengingat ada kemungkinan saya akan kehilangan uang sebagai tanggung jawab bersama, sedangkan kebutuhan hidup harus dipenuhi. Bagaimana zakatnya?

Dedi, Bintaro

Jawaban:

Simpanan di bank syariah dengan sistem bagi hasil yang kemungkinan untung dan kemungkinan rugi selalu ada. Untung dan rugi akan ditanggung bersama oleh bank dengan nasabahnya berdasarkan pada nisbah atau bandingan yang telah ditetapkan berdasarkan persetujuan sebelumnya.

Sistem inilah yang sesuai dengan ajaran Islam, karena ada unsur keadilan, kebersamaan dan keterbukaan, serta akan menumbuhkan sektor riil yang akan memutarkan roda ekonomi secara lebih baik dan cepat. Jika karena suatu hal terjadi kerugian, tentu saja tidak perlu dikeluarkan zakatnya. Tetapi jika untung atau tabungan mencapai nisab, ada kewajiban mengeluarkan zakat.

Insya Allah, dengan kesungguhan para pengelola bank syariah dan dukungan kaum Muslim termasuk Anda, mudah-mudahan hal-hal yang akan merugikan dapat diminimalisasi dan diantisipasi lebih awal. Jadi, tidak perlu khawatir untuk menjadi nasabah bank syariah.

Sumber : Konsultasi  Zakat, Republika, Kamis , 4 Agustus 2011 / 4 Ramadhan 1432 H

Judul Asli : Zakat Bank Syariah

ΩΩΩ

About Jalan Kehidupan

Blog ini hanya menyajikan ulang berbagai masalah keagamaan dalam bentuk tanya jawab dengan para ulama yang pernah diterbitkan di berbagai media cetak. Admin tidak menyediakan fasilitas tanya jawab dengan para pengunjung blog ini. Terima kasih.
This entry was posted in M. Amin Suma, Zakat, Infak, Sedekah dan Wakaf and tagged , , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s