Zakat Perhiasan Emas


Oleh : M Amin Suma

Empat bulan yang lalu, saya membeli emas yang jumlahnya mencapai nisab dari hasil bonus yang dibagikan perusahaan tempat saya bekerja. Sebelum dibelikan emas, uang bonus tersebut telah saya zakatkan sebesar 2,5 persen.

Apakah emas tersebut harus saya zakati juga walau jaraknya hanya beberapa hari?

Emas simpanan zakatnya sekali atau setiap tahun?

Dalam menghitung zakat tabungan, apakah pinjaman jangka panjang dihitung sebagai pengurang? Utang itu digunakan untuk membeli rumah yang saya tempati saat ini.

Gaji saya sudah dizakati setiap bulan, apakah tabungan dari sisa gaji yang telah dizakati harus dizakati lagi setelah mencapai satu tahun?

Nina, Tangerang

Jawaban:

Anda tidak perlu berzakat lagi karena jaraknya hanya beberapa hari. Perlu Anda ketahui, zakat emas perak dikeluarkan setahun sekali sebesar 2,5 persen apabila mencapai nisab sebesar 85 gram emas.

Emas dan perak yang hanya dijadikan perhiasan, zakatnya cukup sekali saja.

Dalam menghitung zakat tabungan, yaitu setahun sekali dengan besarnya zakat 2,5 persen dan nisab senilai 85 gram emas, pinjaman atau utang yang menjadi pengurang zakat itu adalah utang yang harus dibayar pada tahun itu juga.

Ya. Salah satu persyaratan zakat adalah an-namaa ( berkembang ). Karena itu, penghasilan Anda yang sudah dikeluarkan zakatnya setiap bulan kemudian sisanya ditabungkan, maka pada akhir tahun tabungan itu harus diperhitungkan dan dikeluarkan zakatnya 2,5 persen jika mencapai nisab senilai 85 gram emas.

Sumber : Konsultasi  Zakat, Republika, Rabu , 3 Agustus 2011 / 3 Ramadhan 1432 H

ΩΩΩ

About Jalan Kehidupan

Blog ini hanya menyajikan ulang berbagai masalah keagamaan dalam bentuk tanya jawab dengan para ulama yang pernah diterbitkan di berbagai media cetak. Admin tidak menyediakan fasilitas tanya jawab dengan para pengunjung blog ini. Terima kasih.
This entry was posted in M. Amin Suma, Zakat, Infak, Sedekah dan Wakaf and tagged , , , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s