Menghitung Zakat Profesi


Oleh : M Amin Suma

Penghasilan saya dan istri jika digabung sekitar Rp 20 juta. Setiap bulan saya sudah mengeluarkan zakat profesi minimal 2,5 persen. Pengeluaran saya setiap bulan sebesar Rp 15 juta, termasuk cicilan Rp 7 juta, sehingga ada sisa Rp 5 juta. Saya juga ada tabungan di sebuah asuransi sebesar Rp 48 juta. Bagaimana perhitungan zakat malnya?

Atas jawabannya saya ucapkan terima kasih.

Heri, Jakarta

Jawaban:

Zakat profesi adalah zakat yang ditunaikan oleh para pegawai, karyawan, buruh, dan para profesional, termasuk dokter dan pengacara. Zakat ini dibayarkan setiap kali mereka menerima penghasilan ( gaji ). Kadar zakat penghasilan adalah 2,5 persen dari keseluruhan jumlah penghasilan.

Adapun bagi yang memiliki utang atau tanggungan pokok bulanan, zakatnya sebesar 2,5 persen dari sisa pembayaran pokok bulanan tadi. Penghasilan atau gaji yang wajib dikeluarkan zakatnya hanyalah penghasilan yang telah mencapai batasan nisab 5 wasaq. Penghasilan yang kurang atau belum setara dengan nisab itu tidak wajib baginya berzakat profesi. ( 5 wasaq adalah nisab zakat pertanian = 522 kg beras atau Rp 2.610.000 jika harga beras Rp 5.000 / kg )

Menghitung zakat harta Anda adalah sebagai berikut:

Zakat profesi 2,5 persen yang dibayarkan setiap bulannya dan zakat tabungan / simpanan yang dikeluarkan setiap tahunnya.

Berarti hitungan zakat profesi Anda adalah 2,5 persen dari sisa pembayaran utang pokok / cicilan = 2,5 persen x Rp 5.000.000 = Rp 125.000 / bln

Sedangkan untuk tabungan atau simpanan Anda adalah 2,5 persen x saldo akhir = 2,5 persen x Rp 48 juta = Rp 1.200.000 / tahun ini. Zakat atas harta klaim asuransi hanya diwajibkan atas asuransi yang bersifat nonribawi. Wallahu a’lam.

Sumber : Konsultasi  Zakat, Republika, Selasa, 2 Agustus 2011 / 2 Ramadhan 1432 H

Judul Asli : Zakat Profesi

 ΩΩΩ

Entri Terkait :

About Jalan Kehidupan

Blog ini hanya menyajikan ulang berbagai masalah keagamaan dalam bentuk tanya jawab dengan para ulama yang pernah diterbitkan di berbagai media cetak. Admin tidak menyediakan fasilitas tanya jawab dengan para pengunjung blog ini. Terima kasih.
This entry was posted in M. Amin Suma, Zakat, Infak, Sedekah dan Wakaf and tagged , , , , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

One Response to Menghitung Zakat Profesi

  1. inong says:

    Trimakasih, saya jd mengerti. Smoga الله slalu melimpahkan rahmat n
    karunianya pada kita smua, آَمِيّـٍـِـنْ… آَمِيّـٍـِـنْ يَآرَبْ آلٌعَآلَمِِيِن

    ———————————–

    Amin. Terima kasih.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s