Meminta Maaf Sebelum Lebaran


Oleh : KH Achmad Satori Ismail

Akhir-akhir ini, banyak yang meminta maaf sebelum melaksanakan ibadah shaum Ramadhan. Padahal, saling memaafkan wajib hukumnya dan dilakukan setiap saat, tidak hanya pada Idul Fitri saja. Apakah ada tuntunannya? Bagaimana hukum orang yang tidak mau tegur sapa lebih dari dua hari? Apakah puasanya sah, Pak Ustadz? Terimakasih.

Hari Prianto , Sawangan, Depok

Jawaban:

Meminta maaf sebelum Ramadhan adalah usaha untuk membersihkan diri dari dosa berkaitan dengan makhluk dan manusia. Hal itu dilakukan dengan harapan selama bulan puasa, ibadah-ibadah yang dipersembahkan dapat mensucikan diri dari segala dosa yang berkaitan dengan Allah, sehingga pahala berlipat-ganda dan derajat meningkat di sisi Allah.

Dalam hadis batas maksimal tidak bertegur sapa adalah tiga hari berturut-turut, setelah itu tidak boleh dan tidak halal lagi. Puasanya tetap sah, tetapi dosa tidak bertegur sapa itu menghalangi usaha mencapai kesucian fitrah dan derajat yang tinggi di sisi Allah. Memaafkan orang lain dan menjaga silaturrahim adalah syarat mendapat ampunan dan keridhaan Allah di hari Idul Fitri.

Sumber : Konsultasi Puasa, Republika, Senin, 8 Agustus  2011  / 8 Ramadhan 1432 H

ΩΩΩ

About Jalan Kehidupan

Blog ini hanya menyajikan ulang berbagai masalah keagamaan dalam bentuk tanya jawab dengan para ulama yang pernah diterbitkan di berbagai media cetak. Admin tidak menyediakan fasilitas tanya jawab dengan para pengunjung blog ini. Terima kasih.
This entry was posted in Achmad Satori Ismail, Akhlak, Puasa, Ramadhan and tagged , , , , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s