Mengajarkan Anak Berpuasa


Oleh : KH Achmad Satori Ismail

Ustadz, bagaimana sebenarnya tuntunan Rasul dalam mengajarkan puasa kepada anak yang belum balig? Sebaiknya dimulai pada usia berapa?

Widi Herisupriyanto, Bekasi

Jawaban :

Dalam pandangan Islam, persiapan mendidik anak harus dimulai sejak dini. Yaitu, sejak memilih pasangan hidup, saat berhubungan antara suami dan istri, saat anak dalam kandungan sampai dilahirkan. Fase pendidikan ini sering disebut dengan pendidikan pranatal. Setelah anak dilahirkan, pendidikan harus dteruskan sampai ke liang lahat.

Mendidik anak untuk beribadah, baik shalat maupun puasa, dimulai sejak kecil melalui keteladanan ibu dan bapaknya dalam melaksanakan ibadah tersebut. Saat orang tuanya shalat atau puasa, sang anak akan memperhatikan dan mungkin akan menirukan gerakan shalat orang tuanya atau ikut sahur dan berbuka. Hanya saja, setelah anak mencapai umur tujuh tahun orang tua berkewajiban untuk memerintahnya melaksanakan shalat setiap datang waktu shalat atau menunaikan puasa secara bertahap.

Hal ini dilakukan berturut-turut sampai berumur 10 tahun. Setelah umur 10 tahun, bila tidak mau menunaikan, orang tua harus memberikan sanksi pukulan pedagogis.

Sumber : Konsultasi Puasa, Republika, Sabtu, 30 Juli 2011  / 28 Sya’ban1432 H

ΩΩΩ

About Jalan Kehidupan

Blog ini hanya menyajikan ulang berbagai masalah keagamaan dalam bentuk tanya jawab dengan para ulama yang pernah diterbitkan di berbagai media cetak. Admin tidak menyediakan fasilitas tanya jawab dengan para pengunjung blog ini. Terima kasih.
This entry was posted in Achmad Satori Ismail, Puasa, Ramadhan and tagged , , , , , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s