Punya Utang Puasa Satu Bulan


Oleh : KH Achmad Satori Ismail

Ustadz, ibu saya bulan Ramadhan tahun kemarin tidak puasa hampir satu bulan penuh karena sakit tidak sadarkan diri. Dan sekarang alhamdulillah sehat walafiat.

Pertanyaan saya, apa yang harus dilakukan oleh ibu saya? Sah tidak jika anaknya puasa selama 30 hari di luar bulan Ramadhan, niat untuk mengqadha / mengganti puasa ibunya? Karena ibunya pernah mencoba untuk mengqadha puasa, tapi baru kuat dua hari sehingga anaknya kasihan dan melarang puasa qadha.

Terima kasih atas perhatiannya dan jawabannya ditunggu sekali.

Moh Herry R , Kuningan, Jawa Barat

Jawaban : 

Dalam pandangan empat mazhab, orang yang tidak sadarkan diri, baik sebentar atau lama, wajib mengqadha puasanya. Menurut pandangan mazhab as Syafi’i, ibu Anda wajib mengqadha puasanya dan tidak wajib mengqadha shalat ( lihat dalam kitab Al Majmu’ karangan Imam an-Nawawi, bab “Shalat”, juz III hal 8 dan bab “Puasa”, juz VI hal 872 ).

An Nawawi mengatakan, orang yang tidak sadarkan diri wajib mengqadha puasa, baik selama Ramadhan atau sebagiannya. Pendapat demikian dipegang juga oleh mazhab Maliki ( lihat kitab  As Shiyam karangan Ibnu Abdil Barri, juz I hal 33 ), mazhab Hanafi ( lihat kitab Multaqal Abhur, juz I hal 702 )  dan  mazhab Hambali (   lihat kitab Al Inshof, kitab As Shiyam, juz VII hal 883 ).

Puasa Anda kalau memenuhi syarat dan rukunnya adalah sah untuk diri Anda. Untuk ibu Anda yang masih hidup, tidak wajib digantikan puasanya oleh Anda, tapi kalau ibu Anda ternyata tidak kuat berpuasa sama sekali karena ketuaannya atau karena sakit atau bila puasa lemas dan akan menyebabkan tambah parah penyakitnya, diwajibkan bayar fidyah.

Menurut para ulama, “Barang siapa yang tidak mampu berpuasa karena sakit yang tidak mungkin diharapkan kesembuhannya menurut para dokter Muslim yang dipercaya atau orang tua yang tidak kuat berpuasa selamanya, tidak wajib mengqadha, tapi wajib bayar fidyah.” Itu pendapat menurut jumhur ulama. Semoga bisa menjadi rujukan. Terima kasih.

Wallahu a’lam.

Sumber : Konsultasi Puasa, Republika, Jumat, 29 Juli 2011  / 27 Sya’ban1432 H

ΩΩΩ

About Jalan Kehidupan

Blog ini hanya menyajikan ulang berbagai masalah keagamaan dalam bentuk tanya jawab dengan para ulama yang pernah diterbitkan di berbagai media cetak. Admin tidak menyediakan fasilitas tanya jawab dengan para pengunjung blog ini. Terima kasih.
This entry was posted in Achmad Satori Ismail, Puasa, Ramadhan and tagged , , , , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s