Memakai Rok Mini Saat Kerja


Oleh : KH Achmad Satori Ismail

Perusahaan saya mewajibkan setiap karyawan perempuan memakai rok di atas lutut (mini). Meski dilarang agama dan saat puasa yang menuntut setiap Muslimah menjaga pandangannya, itu tuntutan perusahaan. Apakah puasa saya batal ?

Tika, Depok

Jawaban :

Menutup aurat adalah kewajiban tersendiri yang terlepas dari syarat dan rukun puasa. Dan, puasa dalam pandangan syara’ adalah menahan diri dari segala yang membatalkan atau mengurangi pahala puasa, sejak dari terbit fajar sampai terbenam matahari. Dia ibadah tersendiri yang memiliki syarat dan rukun sendiri. Namun, orang yang berpuasa kemudan dia melakukan maksiat karena tidak menutup aurat, puasanya sah, tapi pasti akan berkurang pahalanya.

Semoga Anda bisa mendapatkan tempat kerja yang lebih baik dalam hal gaji dan situasi keislamannya.

Yang menunjukkan hal itu adalah apa yang diriwayatkan oleh Abu Daud dari Aisyah bahwa Asma binti Abu Bakr menemui Rasulullah sedangkan ia memakai pakaian tipis. Maka Rasulullah berpaling darinya dan berkata kepadanya, “Wahai Asama ! Sesungguhnya jika seorang wanita itu telah mencapai masa haid, tidak baik jika ada bagian tubuhnya yang terlihat, kecuali ini.” Kemudian beliau menunjuk wajah dan telapak tangannya. Allah Pemberi Taufik dan tidak ada Rabb selain-Nya.”

Maka, selain muka dan telapak tangan, tidak boleh terlihat walaupun sedikit.

Wallahu a’lam.

Sumber : Konsultasi Puasa, Republika, Selasa, 26 Juli 2011  / 24 Sya’ban1432 H

ΩΩΩ

About Jalan Kehidupan

Blog ini hanya menyajikan ulang berbagai masalah keagamaan dalam bentuk tanya jawab dengan para ulama yang pernah diterbitkan di berbagai media cetak. Admin tidak menyediakan fasilitas tanya jawab dengan para pengunjung blog ini. Terima kasih.
This entry was posted in Achmad Satori Ismail, Fiqih, Puasa, Ramadhan and tagged , , , , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s