Benarkah Setan Dibelenggu Saat Ramadhan ?


Oleh : KH Achmad Satori Ismail

Ada ayat Al-Quran yang mengatakan setan-setan dibelenggu ketika bulan Ramadhan. Arti ayat itu apa ? Secara sungguhan atau makna lain ? Terima kasih.

Totok, Palembang

Jawaban :

Keterangan itu bukan dari ayat Al-Quran, melainkan hadis Nabi yang potongan terjemahannya sebagai berikut, “Telah datang kepadamu bulan Ramadhan, bulan penuh berkah, Allah mewajibkan puasa di dalamnya, pintu-pintu surga di buka lebar, pintu neraka ditutup rapat, dan setan-setan dibelenggu.”

Maksud dari hadis tersebut adalah setan selama bulan Ramadhan dibelenggu, seakan tidak  bisa menggoda orang puasa yang benar-benar puasa, karena orang puasa menjaga mulut, mata, telinga, dan seluruh anggota badannya dari dosa.

Hadis itu juga bermaksud bahwa pada saat Ramadhan semua amalan kebajikan dilipatgandakan pahalanya sehingga upaya setan untuk menggoda manusia seakan tidak ada gunanya. Karena, pahala amalnya berlipat ganda dan dorongan beramal pada bulan Ramadhan sangat kondusif.

Wallahu a’lam.

Sumber : Konsultasi Puasa, Republika, Selasa, 26 Juli 2011  / 24 Sya’ban1432 H

ΩΩΩ

Entri Terkait :

  1. Apa Maksudnya Setan Dibelenggu ?
  2. Apa Maksud Setan Dirantai ?
  3. Setan, Apa dan Siapa ?

About Jalan Kehidupan

Blog ini hanya menyajikan ulang berbagai masalah keagamaan dalam bentuk tanya jawab dengan para ulama yang pernah diterbitkan di berbagai media cetak. Admin tidak menyediakan fasilitas tanya jawab dengan para pengunjung blog ini. Terima kasih.
This entry was posted in Achmad Satori Ismail, Puasa, Ramadhan and tagged , , , , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s