Membayar Utang Puasa


Oleh : Ustadz Bachtiar Nasir

Saya seorang ibu yang menderita sakit mag berat. Ramadhan lalu, saya tidak sanggup puasa sehari pun, sehingga utang puasa saya saat ini 29 hari. Ketika awal Ramadhan tinggal lima hari lagi, bagaimana cara saya membayar utang puasa? Bolehkah saya bayar tahun depan? Terima kasih.

Halimah, Depok

Jawaban :

” ( yaitu ) dalam beberapa hari yang tertentu. Maka, barang siapa di antara kamu ada yang sakit atau dalam perjalanan ( lalu ia berbuka ), maka ( wajiblah baginya berpuasa ) sebanyak hari yang ditinggalkan itu pada hari-hari yang lain. Dan, wajib bagi orang-orang yang berat menjalankannya ( jika mereka tidak berpuasa ) membayar fidyah, ( yaitu ) memberi makan seorang miskin. Barang siapa yang dengan kerelaan hati mengerjakan kebajikan, maka itulah yang lebih baik baginya. Dan, berpuasa lebih baik bagimu jika kamu mengetahui.” ( al-Baqarah, 184 ).

Berdasarkan ayat di atas, Anda termasuk orang yang hanya diwajibkan membayar fidyah atau ongkos memberi makan satu orang miskin per harinya. Dalam hal ini, yang harus Anda bayarkan adalah memberi makan seorang miskin sebanyak 29 hari atau memberi makan sebanyak 29 orang miskin.

Besaran biaya yang dikeluarkan minimal satu sha’ atau satu mud. Besaran satu sha’ atau satu mud  masih diperselisihkan kadarnya oleh para ulama. Saran saya, berikanlah makanan kepada orang miskin minimal sebesar biaya makan Anda dalam sehari.

Anda tidak perlu mengqadha atau mengganti puasa pada tahun berikutnya. Wallahu a’lam bish shawab.

Sumber : Konsultasi Agama, Republika, Kamis, 28 Juli  2011 / 26 Syaban 1432 H

 ΩΩΩ

About Jalan Kehidupan

Blog ini hanya menyajikan ulang berbagai masalah keagamaan dalam bentuk tanya jawab dengan para ulama yang pernah diterbitkan di berbagai media cetak. Admin tidak menyediakan fasilitas tanya jawab dengan para pengunjung blog ini. Terima kasih.
This entry was posted in Bachtiar Nasir, Fiqih, Puasa, Ramadhan and tagged , , , , , , , , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s