Mengapa Ramadhan untuk Mukmin?


Oleh : Ustadz Bachtiar Nasir

Dalam surah al-Baqarah 183, Allah SWT hanya menyeru orang beriman untuk berpuasa. Apakah itu berarti tidak semua Muslim diseru Allah untuk berpuasa? Mohon penjelasan.

Heru Laode, Jakarta

Jawaban :

Dalam surah al-Baqarah 183 memang jelas bahwa Allah hanya menyeru orang beriman. Namun, dalam kata iman terkandung pula makna Islam, berarti semua Muslim juga mendapat seruan Allah dalam ayat ini. Pengkhususan kata iman dalam ayat ini menunjukkan bahwa hanya seorang mukmin sejatilah yang sanggup menyambut seruan Allah untuk melaksanakan shaum, dan hanya orang berimanlah yang mendapat pertolongan Allah untuk dapat memenuhi ketaatan dalam bentuk ‘ihsan’.

Rasulullah bersabda,  “Allah Ta’ala telah berfirman: ‘Setiap amal anak Adam adalah untuknya kecuali shaum, sesungguhnya shaum itu untuk Aku dan Aku sendiri yang akan memberi balasannya’. Dan shaum itu adalah benteng, maka apabila suatu hari seorang dari kalian sedang melaksanakan shaum, maka janganlah dia berkata rafats dan bertengkar sambil berteriak.  Jika ada orang lain yang menghinanya atau mengajaknya berkelahi maka hendaklah dia mengatakan, ‘Aku sedang shaum‘. Dan demi Zat yang jiwa Muhammad berada di tangan-Nya, sungguh bau mulut orang yang sedang shaum lebih harum di sisi Allah Ta’ala daripada harumnya minyak misik. Dan, untuk orang yang shaum akan mendapatkan dua kegembiraan yang dia akan bergembira dengan keduanya, yaitu apabila berbuka dia bergembira dan apabila berjumpa dengan Rabnya dia bergembira disebabkan ibadah shaumnya itu.” ( HR Muslim ).

Agar menjadi yang terpilih mendapatkan seruan Allah dalam ayat iu , jadilah mukmin sejati sebagaimana termaktub dalam QS al-Anfal: 2-4. Wallahu a’lam.

Sumber : Konsultasi Agama, Republika, Rabu, 27 Juli  2011 /  25 Syaban 1432 H

ΩΩΩ

About Jalan Kehidupan

Blog ini hanya menyajikan ulang berbagai masalah keagamaan dalam bentuk tanya jawab dengan para ulama yang pernah diterbitkan di berbagai media cetak. Admin tidak menyediakan fasilitas tanya jawab dengan para pengunjung blog ini. Terima kasih.
This entry was posted in Bachtiar Nasir, Puasa, Ramadhan and tagged , , , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s