Apakah Kafir Bertauhid Rububiyah?


Oleh : Ustadz Bachtiar Nasir

Ustadz, bila kaum kafir dianggap mengimani tauhid rububiyah, mengapa pertanyaan kubur di antaranya adalah man Rabbuka? Terima kasih penjelasannya.

Slamet Riyadi, Cepu

Jawaban :

Apakah iblis beriman kepada tauhid Rububiyah? Secara keyakinan, orang-orang kafir sama dengan iblis yang meyakini Rububiyah Allah. Sebab, golongan kafir seperti iblis meyakini hanya Allahlah satu-satunya Pencipta ( al-Khaliq ), Pemberi Rezeki ( ar-Razzaq), dan Penguasa Alam Raya ( al-Malik ), namun keyakinan iblis tentang tauhid Rububiyah tidak dibarengi dengan tauhid Uluhiyah karena tauhid Rububiyah yang berkaitan dengan tauhid Uluhiyah menghendaki adanya konsekuensi ketaatan pada perintah dan menjauhi larangan.

Jika demikian, mengapa pertanyaan kubur disebutkan pertanyaan man Rabbuka? Dalam akidah Ahlussunnah Waljamaah, para ulama menjelaskan bahwa makna  ‘Rabb’ dalam pertanyaan  ‘man Rabbuka’ maksudnya adalah ‘ilaah’. Atau, makna Rabb dalam pertanyaan tersebut harus sejalan dengan tauhid Uluhiyah atau tidak boleh berdiri sendiri.

Argumen di atas dapat dianalogikan dengan kata iman dan Islam. Jika iman dan Islam sama-sama disebutkan dalam sebuah kalimat, berarti makna kedua kata itu sedang dipisahkan. Namun, jika kedua kata itu dipisahkan atau hanya kata ‘Islam’ saja tanpa kata ‘iman’, maka dalam kata ‘Islam’ telah terkandung makna ‘iman’, begitu pula sebaliknya. Jika disebutkan kata ‘iman’ saja dalam satu kalimat, maka terkandung pula makna ‘Islam’ di dalamnya. Wallahu a’lam bish shawab.

Sumber : Konsultasi Agama, Republika, Selasa, 19 Juli  2011 / 17  Syaban 1432 H

ΩΩΩ

About Jalan Kehidupan

Blog ini hanya menyajikan ulang berbagai masalah keagamaan dalam bentuk tanya jawab dengan para ulama yang pernah diterbitkan di berbagai media cetak. Admin tidak menyediakan fasilitas tanya jawab dengan para pengunjung blog ini. Terima kasih.
This entry was posted in Aqidah, Bachtiar Nasir and tagged , , , , , , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

One Response to Apakah Kafir Bertauhid Rububiyah?

  1. Achmad Aris Fahmi Zulfikar Maulana says:

    Cukup jelas , terimakasih untuk semuanya, semoga bermanfaat ilmunya. … آمِّينَ.. .

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s