Tradisi Ruwahan


Oleh : Ustadz Bachtiar Nasir

Ustadz, sebagian masyarakat di nusantara menyebut bulan Sya’ban sebagai bulan Ruwah. Mereka pun menggelar ruwahan dengan menziarahi makam keluarga dan para shalihin yang mereka cintai. Bagaimana akidah Islam memandang hal ini?

Arif, Jakarta

Jawaban :

Ruwahan dari sudut pandang akidah tentu tidak sama dengan ruwahan dari sudut pandang budaya / tradisi. Begitu juga dengan ziarah kubur dari sudut pandang budaya atau dari sudut akidah. Bulan Ruwah yang bertepatan dengan bulan Sya’ban tidak identik dengan aktivitas ruwahan jika dilihat dari sudut pandang akidah.

Misalnya, ziarah kubur, menurut tradisi masyarakat, pada bulan Ruwah ini  arwah orang yang meninggal akan mengunjungi keluarga mereka yang masih hidup, karenanya hendaklah keluarga ini mengunjungi kuburan mereka. Keyakinan tersebut tidak ada kaitannya dengan Sya’ban yang diyakini masyarakat Arab jahiliah, apalagi dengan keutamaan bulan Sya’ban menurut akidah Islam.

Dari sudut pandang akidah Islam, ibadah apa pun yang dilakukan seorang hamba  di bulan Sya’ban, jika tidak didasari perintah yang sahih dari Allah dan Rasul-Nya maka akan tertolak dan sia-sia. “Barangsiapa yang mengada-ada sesuatu yang baru dalam perkara kami dan itu tidak pernah ada dalam ajaran kami maka perkara itu tertolak.” ( Muttafaq ‘alaihi ). Wallahu a’lam bish shawab.

Sumber : Konsultasi Agama, Republika, Selasa, 26 Juli  2011 / 24 Syaban 1432 H

ΩΩΩ

Silakan Baca Juga :

1. Nisfu Sya’ban

2. Bolehkah Puasa Setelah Nisfu Sya’ban

3. Munggahan Ramadhan

4. Keutamaan Sya’ban

About Jalan Kehidupan

Blog ini hanya menyajikan ulang berbagai masalah keagamaan dalam bentuk tanya jawab dengan para ulama yang pernah diterbitkan di berbagai media cetak. Admin tidak menyediakan fasilitas tanya jawab dengan para pengunjung blog ini. Terima kasih.
This entry was posted in Aqidah, Bachtiar Nasir and tagged , , , , , , , , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s