Banyak Cobaan


Oleh : KH Ali Mustafa Yaqub

Pak Ustadz yang terhormat,
Di awal Ramadhan ini kami banyak sekali mendapat cobaan dan musibah, berupa anak dan orang tua yang sakit dalam waktu yang bersamaan. Masalah tersebut sangat menguras tenaga, materi, dan pikiran kami , hingga berimbas pada ibadah kami di bulan suci ini. Bagaimana kami harus menyikapinya, agar bulan Ramadhan ini kami tidak kehilangan momentum dan bisa beribadah dengan tenang ?

Alfiyan, Tangerang , Banten

Jawaban :

Menyikapi musibah-musibah itu justru dapat memberi nilai positif. Karena musibah-musibah itu salah satu fungsinya adalah untuk menguji keimanan kita. Abang Alfiyan tidak usah risau dengan beberapa momentum ibadah pada bulan Ramadhan karena mungkin tidak dapat melaksanakannya. Saran kami, sekiranya terlalu banyak kesibukan karena menghadapi musibah, seperti anak dan orang tua yang sakit, usahakanlah tidak meninggalkan ibadah yang wajib, seperti shalat lima kali sehari semalam dan berpuasa selama bulan Ramadhan.

Adapun ibadah-ibadah sunah, seperti shalat tarawih, tadarus, iktikaf, dan sebagainya, apabila Abang memiliki kesempatan, hal itu sangat baik untuk dikerjakan. Tetapi, apabila kesempatan untuk itu tidak ada, mengurus anak dan orang tua yang sakit justru pahalanya lebih besar daripada shalat tarawih, tadarus, iktikaf, dan sebagainya.

Demikianlah, semoga diberi ketabahan oleh Allah dalam menghadapi musibah pada bulan Ramadhan ini.

Sumber : Konsultasi Ramadhan, Republika, Selasa, 24 Agustus  2010  / 14 Ramadhan 1431 H

ΩΩΩ

About Jalan Kehidupan

Blog ini hanya menyajikan ulang berbagai masalah keagamaan dalam bentuk tanya jawab dengan para ulama yang pernah diterbitkan di berbagai media cetak. Admin tidak menyediakan fasilitas tanya jawab dengan para pengunjung blog ini. Terima kasih.
This entry was posted in Ali Mustafa Yaqub, Fiqih, Puasa, Ramadhan and tagged , , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s