Apa Maksud Setan Dirantai ?


Oleh : KH Ali Mustafa Yaqub

Pada bulan suci Ramadhan, sering dibahasakan bahwa setan itu sedang dirantai. Apa maksudnya ? Karena ternyata dalam bulan Ramadhan pun, masih banyak orang melakukan kejahatan, menipu, mencuri, merampok, melakukan maksiat, dan sebagainya. Terima kasih.

Fadlan, Jakarta

Jawaban :

Para ulama menafsirkan hadis tentang dirantainya atau dibelenggunya setan-setan itu sebagai arti kiasan. Maksudnya adalah kesempatan untuk berbuat baik dan beribadah dibuka selebar-lebarnya, sedangkan kesempatan untuk berbuat maksiat ditutup serapat-rapatnya. Jadi, bulan Ramadhan adalah bulan mempersempit ruang maksiat dan memperluas ruang ibadah.

Apabila selama satu bulan sudah terbiasa dengan beribadah dan sudah terbiasa menjauhi maksiat, diharapkan kebiasaan ini berlanjut di luar bulan Ramadhan. Semakin jauh dari Ramadhan, mungkin kebiasaan ini semakin melemah sampai datang Ramadahn berikutnya. Seorang Muslim mentradisikan hal serupa, yaitu memperluas, memperbanyak, menggalakkan ibadah, baik ibadah individual maupun ibadah sosial, dan memperkecil gerak maksiat.

Sumber : Konsultasi Ramadhan, Republika, Kamis, 2 September 2010  / 23 Ramadhan 1431 H

ΩΩΩ

Entri Terkait :

  1. Apa Maksudnya Setan Dibelenggu ?
  2. Benarkah Setan Dibelenggu Saat Ramadhan ?
  3. Setan, Apa dan Siapa ?

About Jalan Kehidupan

Blog ini hanya menyajikan ulang berbagai masalah keagamaan dalam bentuk tanya jawab dengan para ulama yang pernah diterbitkan di berbagai media cetak. Admin tidak menyediakan fasilitas tanya jawab dengan para pengunjung blog ini. Terima kasih.
This entry was posted in Ali Mustafa Yaqub, Fiqih, Puasa, Ramadhan and tagged , , , , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s